Ahad, 21 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kembangkan Listrik Hijau, PLN Kerja Sama dengan Lima Perusahaan Dunia

Posted by: 434 viewer

Kembangkan Listrik Hijau, PLN Kerja Sama dengan Lima Perusahaan Dunia
Kerja sama listrik hijau/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT PLN (Persero) bekerja sama dengan lima perusahaan energi dunia untuk mmengembangkan listrik hijau di Tanah Air.

Kerja sama itu dilakukan melalui penandatangan nota kesepahaman (MoU) pada gelaran Enlit Asia 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten. Melalui kerja sama tersebut, PLN akan memperoleh dukungan dalam menjalankan transisi energi untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan dalam rangka menghadapi krisis perubahan iklim, komunitas energi global mesti bersatu sehingga tantangan transisi energi yang muncul di berbagai bidang mulai dari inovasi teknologi, investasi, dan kebijakan bisa segera diatasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Dengan kolaborasi ini, kita tidak hanya akan mampu memetakan setiap tantangan yang ada tetapi juga mampu mengatasi setiap tantangan tersebut sehingga misi besar transisi energi bisa terwujud," kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Kamis (16/11/2023).

Adapun, lima perusahaan tersebut, yakni PT Hitachi Sakti Energy Indonesia, Electricite de France SA (EDF), GE Vernova, The Danish Energy Agency, dan China Southern Power Grid International (HK) Co., Ltd.

MoU PLN dengan HK dalam menjajaki peluang kemitraan jangka panjang untuk pengembangan high voltage direct current (HVDC), pumped storage, interkoneksi antarpulau hingga smart grid.

Sedangkan MoU PLN dengan EDF, GE Vernova, dan The Danish Energy Agency akan melingkupi joint study melalui pertukaran informasi dalam berbagai hal untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

Berbagai kolaborasi itu searah dengan identifikasi perseroan terkait tantangan mismatch sumber energi baru terbarukan (EBT) yang terisolir dengan pusat demand listrik di perkotaan.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kami telah mengidentifikasi adanya mismatch antara potensi EBT yang besar dengan pusat demand (listrik). Kami sedang dalam proses merancang pembangunan green enabling transmission line untuk memfasilitasinya," ungkap Darmawan.

Tantangan berikutnya datang dari listrik EBT yang bersifat intermiten, fluktuatif dipengaruhi perubahan cuaca. Dalam hal itu, PLN siap membangun smart grid yang dilengkapi dengan flexible generation, smart transmission, smart distribution hingga smart meter.

Untuk menyukseskan seluruh upaya tersebut, PLN telah merancang accelerated renewable energy development (ARED). Melalui ARED, pengembangan green enabling transmission line dan smart grid akan terus didorong untuk memperkuat sistem suplai listrik hijau di Indonesia.

"Bisakah PLN melakukannya sendiri? jawabannya tidak. Ini adalah tantangan global, kita harus mengatasinya dengan cara yang terpadu. Komunitas global harus bersatu untuk mengatasi tantangan perubahan iklim," ujar Darmawan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...