Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kemendag Ajak Konsumen Indonesia Lebih Kritis dalam Membeli Barang

Posted by: 458 viewer

Kemendag Ajak Konsumen Indonesia Lebih Kritis dalam Membeli Barang
Kemendag mengajak konsumen kritis dalam membeli barang/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) mengajak konsumen Indonesia untuk lebih kritis dalam proses pembelian barang atau jasa.

Menurut Direktur Pemberdayaan Konsumen PKTN Chandrini Mestika Dewi, saat ini banyak konsumen yang belum berani bersuara apabila terjadi pelanggaran atau ketidaksesuaian saat melakukan transaksi barang atau jasa.

"Kami ingin mereka kritis, kritis itu akan lebih jeli pada saat melakukan proses pembelian barang atau jasa, menjadi lebih jeli, hati-hati, kemudian lebih berani bicara," kata dia usai pembukaan Festival Hari Konsumen Nasional (Harkornas) 2024 di Cibubur, Depok, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, berdasarkan hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) 2023, konsumen Indonesia berada dalam kategori Mampu. Artinya, konsumen mampu menggunakan hak dan kewajibannya konsumen untuk menentukan pilihan terbaik, termasuk menggunakan produk dalam negeri bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Menurutnya lagi, kebanyakan konsumen memilih diam dan tidak melakukan pelaporan bila terjadi ketidaksesuaian dari barang atau jasa yang dibelinya, seperti tidak memiliki Standar Nasional Indonesia, tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada etalase dan lainnya.

Hal ini dikarenakan masih ada perasaan tidak enak untuk membuat laporan aduan sehingga memilih untuk diam.

"Padahal sebetulnya dengan kita melakukan pengaduan, tentunya pelaku usaha bisa terdorong untuk menjaga kualitas dari barang yang mereka jual," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu PKTN Matheus Hendro Purnomo mengungkapkan, Kemendag berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan konsumen cerdas dan kritis.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia berharap Kemendag sebagai perpanjangan tangan Pemerintah bisa menjadi jembatan antara produsen dan konsumen.

"Kita juga ingin konsumen lebih cerdas dan teman-teman Kementerian/Lembaga bisa memberikan edukasi secara luas sebagai konsumen, sehingga apa yang menjadi angan-angan Kemendag sebagai salah satu pemegang amanat undang-undang dapat mewujudkan konsumen yang cerdas," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...