Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ketum Perhumas: Kearifan Lokal Harus Jadi Nation Branding Bagi Indonesia

Posted by: 2141 viewer

Ketum Perhumas: Kearifan Lokal Harus Jadi Nation Branding Bagi Indonesia
dok. Perhumas

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam Konvensi Nasional Humas yang ke-20, dirumuskan strategi untuk membangun reputasi Indonesia di tingkat domestik maupun global. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Perhumas, Agung Laksamana dalam keterangan resminya hari ini, Rabu (18/12).

Menurut Agung, kearifan lokal harus menjadi Nation Branding bagi Indonesia. Dimana kata dia, humas harus menyebarkan narasi-narasi positif tentang bagaimana keindahan budaya di Indonesia.

“Kearifan lokal dan budaya merupakan aset penting Indonesia dalam membentuk reputasi. Untuk menjamin terpeliharanya kearifan lokal dan budaya, diperlukan kerjasama lintas sektoral. Humas harus menjadikan media sebagai mitra strategis,” kata Agung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, lanjut Agung, humas Indonesia juga memiliki peran diplomasi pada era kini. Dimana dalam setiap kegiatannya selalu tertanam nilai-nilai keunggulan yang berasal dari kearifan lokal. Sehingga mata dunia selalu tertuju ke Indonesia

“Untuk itu humas harus memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam era ini, teknologi memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam membangun awareness. Adanya teknologi, mendorong kampanye PR menuju kancah global dimana tidak ada batasan dalam sumber informasi,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu praktisi humas perlu memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam menunjang kerjanya. Humas harus mengerti bagaimana membaca data statistik pada era Big Data. Karena kemampuan membaca data adalah kunci keberhasilan humas dalam menjawab tantangan kedepan.

“Pentingnya kemampuan membaca dan mengelola data tersebut menjadi acuan kreativitas bagi humas dalam menentukan konteks dan konten pada pesan yang ingin disampaikan,” ujar Agung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada akhirnya, untuk mencapai hubungan “human to human” yang baik diperlukan pembinaan karakter dan kepribadian. Dengan kampanye #IndonesiaBicaraBaik, Perhumas terus berupaya untuk mengajak seluruh praktisi humas Indonesia mengembangkan potensinya dan ikut menyuarakan Indonesia yang dikemas dengan kearifan budaya kita, untuk Indonesia yang lebih maju.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...