Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Keuangan Makin Kuat, Pefindo Naikan Peringkat AP 2 Menjadi idAAA

Posted by: 759 viewer

Keuangan Makin Kuat, Pefindo Naikan Peringkat AP 2 Menjadi idAAA
Angkasa Pura II/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT​ Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Angkasa Pura II (AP II) dan obligasinya menjadi idAAA dari sebelumnya idAA+ karena dinilai memiliki profil risiko keuangan dan operasional yang semakin kuat.
 
Mengutip keterangan resminya, Jumat (15/9/2023), kenaikan tersebut mencerminkan profil risiko keuangan AP II yang semakin kuat seiring dengan kemampuan perusahaan dalam memperoleh pinjaman sebesar Rp2 triliun berjangka waktu 8 tahun.
 
Pinjaman tersebut dialokasikan untuk belanja modal dan melunasi utang termasuk Obligasi Berkelanjutan I tahun 2018 seri B senilai Rp550 miliar yang jatuh tempo pada 12 Desember 2023.
 
AP II juga melakukan reprofiling kredit modal kerja yang seharusnya jatuh tempo pada tahun 2023 menjadi pinjaman 5 tahun. Perusahaan itu memandang inisiatif tersebut dapat memitigasi risiko pembiayaan kembali utang secara substansial menyesuaikan dengan potensi pemulihan bisnis.

Selain itu, aspek operasional di bandara-bandara AP II juga semakin tangguh di mana jumlah pergerakan penumpang yang dilayani di 20 bandara pada Semester I tahun 2023 mencapai 38,7 juta penumpang, yang menandakan tingkat pemulihan sebesar 90 persen dari realisasi Semester I tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.
 
President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan semakin kuatnya profil keuangan dan operasional ini tidak lepas dari keberhasilan AP II dalam menghadapi tantangan pandemi.
 
“Naiknya peringkat AP II dan obligasi menjadi idAAA ini sekaligus mengkonfirmasi keberhasilan program yang dijalankan. AP II berhasil bertahan serta pulih di tengah pandemi dan kini tengah menjalani pertumbuhan bisnis dan operasional,” kata dia.
 
Lebih tingginya target penumpang ini sejalan dengan status pandemi yang dicabut pada 21 Juni 2023.
 
Adapun dalam laporannya, Pefindo juga menyatakan prospek peringkat AP II adalah stabil.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...