Kiat Jitu Sharp Raih Penjualan Rp 12 Triliun di 2024
Posted by: Alvin Pratama | 25-02-2025 09:47 WIB | 229 views

INFOBRAND.ID-Sepanjang 2024, PT Sharp Electronics Indonesia berhasil mencatatkan kinerja positif, dengan mencetak penjualan sebesar Rp 12 triliun. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan penjualan yang berhasil diraih Sharp setiap bulannya. Pada Desember 2024 misalnya, penjualan Sharp tumbuh 103% dibandingkan periode yang sama tahun 2023. Pertumbuhan juga terjadi pada Oktober dan November 2024, yakni 114,9% dan 104,6%.
Diungkapkan Andry Adi Utomo, National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia, pada acara media gathering yang digelar Sharp di Magelang, akhir Februari (22/2), ada tiga kategori produk yang mendorong pertumbuhan penjualan di 2024. Ketiganya adalah kategori lemari es yang tumbuh 108,1%, AC yang naik 114,7%, dan mesin cuci yang tumbuh 102,4%.
“Ketiganya juga berkontribusi siginifikan terhadap total revenue Sharp di 2024. Lemari es misalnya, berkontribusi 37,1%. Selanjutnya, disusul AC dengan kontribusi 24,9% dan mesin cuci yang menyumbang 18%. Sementara itu, kategori AUVI (audio video) kami masih belum besar, karena hanya menyumbang 16%,” paparnya.
Tak hanya menjadi penyumbang tertinggi, ketiga kategori produk itu pun berhasil memimpin pasar. Dikatakan Andry, di pasar lemari es di Indonesia, Sharp memimpin dengan pangsa pasar 32,3% pada tahun 2024. Selain itu, mesin cuci Sharp juga mampu memimpin pasar mesin cuci dengan pangsa pasar 24,3%. Lemari es Sharp juga memimpin dengan pangsa pasar 22,9%.
Keberhasilan itu, diakui Andry, berkat sejumlah strategi yang dilancarkan di 2024. Di pasar AC yang penetrasinya masih 20%, Sharp tidak hanya menyasar pasar ritel. “Kami juga menggarap pasar komersial seperti hotel, cafe, dan restoran. Di tengah booming cafe, kami meluncurkan AC dengan desain warna hitam yang memang lebih banyak dipakai oleh para pemilik cafe,” imbuhnya.
Strategi lainnya adalah menempatkan iklan pada program-program yang memang digandrungi masyarakat. Dia mencontohkan, program Arisan, Lapor Pak, dan berbagai kuis dengan rating yang bagus. “Selain ratingnya bagus, program-program tersebut juga diamplifikasi di media sosial Youtube, contohnya Arisan dan Lapor Pak,” urai Andry.
Selain media tradisional, iklan dan komunikasi Sharp juga ditempatkan di media luar ruang di kereta api. “Kami juga rutin menggelar eksibisi serta membuat event-event promosi bertema Jepang yang tidak bisa ditiru kompetitor. Kami melakukannya secara berkelanjutan di berbagai daerah di Indonesia,” paparnya.
Tak hanya komunikasi dan promosi, Sharp juga menggelar program menarik untuk para mitra distribusinya. Di antaranya, dengan mendukung 10 ribu sub-dealer dengan berbagai kampanye promosi berupa cicilan 0%, mengedukasi dan memberikan pelatihan, hingga dukungan pada POP (point of purchase).
Selain lemari es, mesin cuci, dan AC, yang pertumbuhannya juga signifikan adalah Small Home Appliances (SHA). Pertumbuhannya di 2024 mencapai 106,5% jika dibandingkan dengan tahun 2023. “Bahkan, kontribusinya terhadap total revenue Sharp juga tumbuh signifikan, yakni menyumbang 2,1% di 2024, sedangkan di tahun sebelumnya hanya 2%. Oleh karena itu, selain AC, kami juga fokus membesakanr pasar SHA, terutama magic com, pada tahun ini,” ungkap Andry, yang menargetkan di tahun 2025, Sharp bisa bertumbuh 105%.
Baca berita lainnya di Google News