JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah menyumbang lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia. “Hal ini menunjukkan bahwa semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan tetap tinggi walau di tengah pandemi,” ujar Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo.
Melihat animo tersebut, di bulan suci ini, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye Ramadan Berlipat Nikmat, yang salah satu programnya adalah Belanja Otomatis Donasi. Melalui program tersebut, para pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung dan toko kelontong, bisa berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.
“Tokopedia nantinya akan membantu menyalurkan donasi dari para pegiat usaha tradisional yang bergabung dalam Mitra Tokopedia kepada anak-anak, yatim piatu, kaum dhuafa dan para lansia dalam bentuk sembako,” jelas Karina.
Salah satu pegiat usaha tradisional di Mitra Tokopedia yang mengikuti program ini adalah Iswandi. Iswandi adalah pemilik warung di Tulungagung, Jawa Timur, yang sudah berjualan lebih dari 20 tahun, lalu memutuskan bergabung dengan Mitra Tokopedia pada September 2021.
Ia pun bercerita, “Anak-anak di sekitar sini suka jajan di warung saya, terkadang ketika membayar uangnya kurang. Saya tidak mencatatnya sebagai hutang. Sebagai gantinya, saya meminta mereka membaca hafalan surat-surat pendek Alquran atau saya membuat pertanyaan ringan terkait pelajaran di sekolah. Hitung-hitung sedekah dan juga menambah ilmu anak-anak sekitar.”
Tokopedia melalui Karina mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi para pegiat usaha tradisional yang telah berdonasi, salah satunya Pak Iswandi. Semoga donasi yang terkumpul dapat menginspirasi para pegiat usaha lainnya untuk berbagi kebaikan terhadap sesama.”
Tokopedia juga menghadirkan program Undian THR yang diperuntukkan bagi para pegiat usaha tradisional yang memanfaatkan ekosistem Mitra Tokopedia dengan total nominal Rp150 juta.
Mitra Tokopedia sendiri merupakan ekosistem yang dibangun Tokopedia untuk membantu para pegiat usaha tradisional beradaptasi dengan era digital melalui pemanfaatan teknologi.
Lewat aplikasi Mitra Tokopedia, para pegiat usaha tradisional seperti pemilik warung atau toko kelontong bisa menyetok barang dagangan dengan lebih cepat dan efisien hanya lewat genggaman tangan, serta berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token dan listrik, pembayaran PDAM, BPJS, uang sekolah dan kuliah dan masih banyak lagi.