Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kisah Mitra Shopee Hendra, Berhasil Raih Sukses Setelah Banting Setir dari Karyawan jadi Wirausahawan

Posted by: 1671 viewer

Kisah Mitra Shopee Hendra, Berhasil Raih Sukses Setelah Banting Setir dari Karyawan jadi Wirausahawan
Pasca berhenti dari pekerjaannya, Hendra dengan latar belakang pendidikan kuliah teknologi informatika justru memilih untuk berwirausaha dibandingkan kerja kantoran

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hendra P Simbolon, atau yang akrab dipanggil Hendra, tidak pernah mengira akan jadi seorang wirausahawan saat pertama merantau ke Jakarta. Ia pindah dari Medan, kota asalnya, dengan harapan mencari jalan rezeki yang lebih baik di suatu perusahaan.

Pencarian yang panjang pun membawanya ke perusahaan yang berfokus di bidang teknologi di mana akhirnya ia mendapatkan kesempatan berkarir. Selama lima tahun, pria lulusan S1 jurusan teknik informatika itu menekuni pekerjaannya dan berhasil memiliki pemasukan stabil. Namun di tahun 2015, tak ada yang mengira perusahaan tersebut terpaksa gulung tikar dan Hendra yang pada saat itu sudah memiliki dua anak pun dihadapi dengan situasi yang sulit. 

Pasca kehilangan pekerjaannya sebagai pekerja kantoran, Hendra bersama istri pun tidak putus asa dan kembali bersemangat mencari pintu rezeki lain dengan dana yang dimiliki. Setelah berdiskusi, mereka setuju untuk mulai dengan berjualan sembako di warung kecil yang berlokasi di depan kontrakan, serta menjual pulsa melalui agen distributor biasa. Perjalanannya dalam membangun usaha tersebut tidaklah mudah, Hendra yang tinggal di wilayah Jakarta Timur pun harus sering pergi ke agen sembako dan agen pulsa yang lokasinya cukup jauh dari rumah. Namun, semua usaha dilakukan dengan semangat untuk memenuhi kebutuhan keluarganya serta orang tua di kampung halaman yang sudah tidak lagi bekerja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hendra mengatakan, “Memulai usaha pastinya butuh modal yang besar. Modal yang saya maksud tidak hanya uang, tapi juga modal niat dan semangat yang tinggi. Tekadnya harus bulat dan kita percaya usaha yang kita rintis bisa sukses asal kita gigih. Saat itu saya bersama istri menanamkan kepercayaan itu untuk kita mulai dengan modal yang ada, jalankan dulu dan punya harapan ingin membuat usaha kita makin besar.”

Walaupun perjalanan membangun usahanya cukup terjal, Hendra tetap gigih mencoba berbagai hal yang bisa membantunya mengembangkan usaha warung dan kios pulsa yang ia jalani, termasuk mencoba inovasi dengan teknologi. Pada awal tahun 2020, di saat semua kegiatan bekerja hingga belajar dilakukan dari rumah dan membutuhkan pulsa serta internet sebagai penunjang segala aktivitas online, Hendra melihat peluang bisnis dan memutuskan untuk mencoba berbagai layanan penjualan produk digital. Pada akhirnya, ia pun berlabuh di aplikasi Mitra Shopee yang menawarkan berbagai produk digital yang komplit dengan harga yang kompetitif.

“Saat bergabung menjadi Mitra Shopee, saya melihat peluang untuk mengembangkan bisnis saya dari berjualan berbagai produk digital. Apalagi saat itu di lingkungan sekitar saya belum banyak yang menjual produk digital. Untuk itu, saya hadir dan menjadi andalan tetangga sekitar. Sejak saat itu, intensitas transaksi pulsa, paket data, token listrik hingga tagihan internet dan listrik pun meningkat. Tak sedikit juga pelanggan yang memiliki keterbatasan akses perbankan datang untuk mengisi saldo ShopeePay mereka,” ujar Hendra.

Saat ini warung dan usaha Mitra Shopee Hendra sudah berkembang cukup cepat. Ia tidak menyesali keputusan banting setir dari karyawan swasta menjadi wirausahawan dan percaya bahwa memang dibutuhkan strategi khusus untuk bisa mencapai titik keberhasilan ini, termasuk:

  1. Singkirkan keraguan, berani memulai

    IKLAN INFOBRAND.ID

Momen memulai usaha pastinya menjadi masa yang paling sulit. Banyak keraguan dan tantangan yang muncul, mulai dari pencarian modal, rasa takut akan kegagalan, hingga ketakutan tidak menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha. Semua itu dipatahkan oleh Hendra dengan keyakinan bahwa modal awal yang paling penting adalah keberanian untuk memulai. Banyak lini usaha yang tidak membutuhkan modal besar, seperti berjualan berbagai produk digital melalui Mitra Shopee. 

  1. Jadi andalan pelanggan, selalu siap terima pesanan

Membangun loyalitas pelanggan adalah hal yang sulit, namun Hendra memiliki strategi khusus dalam memikat pelanggan agar tidak pindah ke tempat lain. Ia berkomitmen untuk selalu standby setiap saat dan lebih fleksibel soal pembayaran. Hendra menyebutkan jika kapanpun pelanggan setia dan tetangganya membutuhkan pulsa atau paket data, ia bersedia untuk langsung mengirimkannya. Pelanggan bisa membayar di sore hari saat pulang kerja atau keesokannya.

  1. Fokus dalam menumbuhkan usaha

Sedari awal memulai usahanya, Hendra dan istri fokus untuk terus menumbuhkan usahanya. Upaya yang ia lakukan bersama istri adalah dengan pelan-pelan menambah variasi produk, mencoba berbagai layanan untuk menunjang perkembangan usaha dan terbuka dengan inovasi. Terbukti kini usaha Hendra sudah cukup berkembang pesat.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa saya bisa menjadi wirausahawan seperti sekarang. Dahulu saya pikir bahwa saya akan terus menjadi karyawan swasta. Namun, berjualan berbagai produk digital ternyata bisa membawa keuntungan yang signifikan untuk menambah pendapatan saya dan istri dari berjualan sembako. Saya bersyukur telah menemukan Mitra Shopee dan dapat menekuni jalan mencari nafkah ini,” tutup Hendra. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...