Rabu, 17 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kolaborasi, Kementerian BUMN dan Tokopedia Luncurkan Rumah BUMN

Posted by: 768 viewer

Kolaborasi, Kementerian BUMN dan Tokopedia Luncurkan Rumah BUMN
Rumah BUMN/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Platform loka pasar Tokopedia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan laman Rumah BUMN khusus untuk menampilkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan kementerian tersebut.

"Pemerintah menargetkan 30 juta pelaku UMKM bergabung dalam ekosistem digital pada tahun 2024 mendatang. Butuh kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan target tersebut," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat (16/6/2023).

Laman kurasi Rumah BUMN berisi produk-produk dari UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Melalui kerja sama tersebut, UMKM binaan Kementerian BUMN bisa menjangkau pasar yang lebih besar.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kami berharap, makin banyak pelaku UMKM yang go modern, go digital, go online dengan bergabung dan memanfaatkan panggung ini, dan di sisi lain, makin banyak masyarakat bangga buatan Indonesia," ujar menteri yang akrab di sapa Eto itu.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan pihaknya sebagai platform yang bisa diakses oleh masyarakat yang tinggal di 99 persen kecamatan di Indonesia, berupaya membantu pelaku UMKM menjadi pemeran utama dan semakin menjadi pilihan masyarakat.

"Salah satu caranya adalah berkolaborasi dengan Kementerian BUMN RI, meluncurkan ‘rumahnya UMKM Indonesia’ Rumah BUMN di platform Tokopedia," jelasnya.

Tokopedia mencatat pertumbuhan platform tersebut cenderung merata di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada kuartal I 2023, Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Natuna (Kepulauan Riau) dan Badung (Bali) adalah wilayah dengan kenaikan tertinggi untuk jumlah pelaku usaha. Kenaikan rata-rata jumlah pelaku usaha di wilayah-wilayah itu hampir 30 persen dibandingkan kuartal I 2022.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebelum Rumah BUMN, bentuk keberpihakan Tokopedia untuk produk lokal juga ditunjukkan melalui widget khusus Bangga Lokal untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Platform itu juga memiliki inisiatif Hyperlocal yang menggunakan teknologi geo-tagging supaya konsumen bisa mencari penjual terdekat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...


Soal Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Kata CEO Apple

Soal Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Kata CEO Apple
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO), Apple Tim Cook menyatakan, pihaknya mempertimbangkan pembangunan pabrik produksi Apple di Indon...