Ahad, 23 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kolaborasi Unilever dan Shopee, Ubah Peduli Lingkungan Jadi Aksi

Posted by: 2951 viewer

Kolaborasi Unilever dan Shopee, Ubah Peduli Lingkungan Jadi Aksi
Kolaborasi Unilever dan Shopee.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Unilever dan Shopee menjalin kemitraan yang bertujuan untuk menciptakan rumah, komunitas, Indonesia dan planet yang bersih. Kedua perusahaan bertekad untuk berbagi peran dalam mempromosikan perilaku ramah lingkungan kepada konsumen Indonesia, dan mengajak keterlibatan masyarakat untuk tidak lagi sekedar memiliki kepedulian terhadap lingkungan (eco-concerned), tapi juga aktif melakukan aksi nyata dengan tindakan ramah lingkungan (eco-active).

Riset dari Kantar menunjukkan bahwa jumlah konsumen yang lebih peduli terhadap produk ramah lingkungan di Indonesia meningkat 112% dari 2019 ke 2020. Konsumen Indonesia juga kian menyadari pentingnya mempraktikkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, dengan 86% mulai mengadopsi kebiasaan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, dan 74% memilih brand yang memiliki kepedulian sosial . Data ini menunjukkan semakin banyaknya konsumen yang mulai lebih teliti melihat bahan-bahan dan proses pembuatan sebuah produk.

Kevin Stefano, Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia mengungkapkan, melihat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kelestarian lingkungan mengalami peningkatan, namun seringkali tidak tahu bagaimana aksi sederhana mereka bisa mendorong perubahan positif untuk lingkungan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui kemitraan dengan Shopee melalui inisiatif ‘Rumah Bersih Indonesia Lestari’ untuk mengedukasi konsumen Indonesia agar semakin cerdas dan bijak dengan cara melihat 4 (empat) hal dalam memilih produk; sumber bahan baku, apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab; manfaat sosial, apakah produknya memberikan manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat; lingkungan lestari, apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan; Purpose, apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia.

“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen besar Unilever untuk  ‘Menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari’ (Clean Future),” ujar Kevin.

Ditambahkan, upaya-upaya yang sejalan dengan komitmen Clean Future telah Unilever Indonesia mulai sejak lama. Misalnya, sejak tahun 2019 pabrik Powder Non-Soap Detergent (NSD) yang memproduksi Rinso dan Molto sudah mulai menggunakan energi terbarukan, yaitu energi biomassa dari cangkang sawit yang bisa diperbarui.

Inisiatif ‘Rumah Bersih Indonesia Lestari’ akan dilakukan melalui platform Shopee dan kanal media sosial kedua brand ini. Sejumlah kegiatan yang dilakukan di antaranya:

Unilever Indonesia memfasilitasi konsumen dengan menyediakan produk pembersih yang lebih ramah lingkungan. Kedepannya, Unilever juga akan menghadirkan inovasi produk berkelanjutan yang akan secara exclusive diluncurkan di Shopee.

IKLAN INFOBRAND.ID

Shopee sebagai platform e-commerce terbesar di Indonesia yang memiliki jangkauan luas, menyediakan sebuah laman khusus di aplikasi Shopee untuk inisiatif ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’, dimana pengguna dapat menemukan koleksi produk perawatan rumah Unilever dan konten edukasi tentang artikel kebersihan dan ramah lingkungan.

Pada ‘Shopee Super Brand Day Unilever’ tanggal 25-27 May lalu, Unilever dan Shopee menyumbangkan 2,5% dari total penjualannya, dalam bentuk produk paket kebersihan Sahaja ke lebih dari 4.000 masjid yang tersebar di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia. Artinya, masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, turut berkontribusi dalam upaya menjaga kebersihan masjid di seluruh Indonesia.

“Kedepan, Unilever dan Shopee akan mendorong partisipasi konsumennya untuk secara aktif memilah sampah di rumah dan membawanya ke Bank Sampah binaan Unilever,” ungkap Kevin.

Putri Lukman,  Head of FMCG Shopee Indonesia menambahkan, portfolio produk home care Unilever di Indonesia adalah yang kedua terbesar di seluruh dunia, sementara Shopee juga merupakan platform e-commerce yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu pihaknya meluncurkan program terbaru ‘Rumah Bersih Indonesia Lestari’ di platform Shopee yang memiliki jangkauan sangat luas, menyoroti bagaimana produk home care Unilever diformulasi, diproduksi, dan dikemas untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Memanfaatkan teknologi, platform dan jangkauan luas pihaknya berupaya untuk mendorong dan mengedukasi konsumen untuk membuat dampak positif terhadap lingkungan yang lebih bersih, salah satunya melalui always-on campaign page ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ di Shopee, dimana pengguna dapat mengakses koleksi produk perawatan rumah Unilever dan edukasi akan inisiatif ramah lingkungan yang dapat digalangkan dari rumah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...