Ahad, 21 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kondisi Industri Semen Saat Tahun Politik 2024

Posted by: 340 viewer

Kondisi Industri Semen Saat Tahun Politik 2024
Pabrik semen milik PT-Cemindo

INFOBRAND.ID-Tahun 2024 adalah tahun politik, yang akan menghadirkan ketidakpastian bagi Industri dan bisnis. Hal ini pun terjadi di Industri semen, di mana diperkirakan pertumbuhan konsumsi semen domestik diperkirakan hanya 0.7%, atau 1.62% di relevant area (relevant area adalah area dimana produk Semen Merah Putih tersedia). 

Pengamat Ekonomi Poltak Hotradero menyampaikan bahwa dalam konteks dinamika global, industri semen dan konstruksi menemui peluang pertumbuhan yang signifikan. Secara global, era uang ketat akan mulai berkurang setelah inflasi global menurun pada 2023 dan penurunan ini akan berlanjut di 2024. 

Melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023, Poltak menilai industri semen di Indonesia masih mengalami tekanan. Hl ini dipicu oleh kelebihan kapasitas, kendati tingkat utilisasi sudah ditekan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Kapasitas terpasang industri semen Indonesia saat ini berada di sekitar 116,8 juta ton, dengan tingkat utilisasi sekitar 57%. Oleh karena itu, kata Poltak dibutuhkan fleksibilitas dalam menggarap peluang pasar ekspor – terutama di kawasan Asia, Afrika dan Oceania.  

“Pada tahun politik, inovasi menjadi kunci untuk membuka peluang di industri konstruksi dan infrastruktur. Bagi pelaku industri, saya sangat mendorong untuk secara cermat mengeksplorasi potensi ekspansi, baik di dalam negeri maupun melalui kerjasama internasional,” tutur Poltak. 

Dia menambahkan perlunya upaya lebih untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan kontribusi positif terhadap ekonomi nasional secara keseluruhan dari industri ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) juga menjadi salah satu inovasi strategis yang memungkinkan industri ini terus berkembang dan mengatasi potensi stagnasi.  

“Strategi lain adalah menekan ongkos produksi melalui pemanfaatan sumber energi alternatif yang juga lebih ramah lingkungan. Dengan adanya potensi pemangkasan suku bunga di 2024 serta kelanjutan pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan penjualan semen di Indonesia,” ungkap Poltak. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...