Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Konsumsi Data Selama Pandemi Dorong Belanja Iklan Video Capai 65%

Posted by: 6270 viewer

Konsumsi Data Selama Pandemi Dorong Belanja Iklan Video Capai 65%
Streaming Video.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Selama kebijakan lockdown atau pembatasan sosial, masyarakat semakin memaksimalkan smartphone dalam aktivitas sehari-hari. Layanan video menjadi yang paling dominan, membuat iklan di media tersebut tumbuh pesat dan mendominasi belanja iklan.  

Dari laporan InMobi, perusahaan cloud marketing terkemuka dalam laporan State of Programmatic Video Advertising in southeast Asia 2021 mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2020, bujet belanja iklan video tumbuh sebesar 65% atau lebih dari sepertiga dari total belanja iklan di dalam aplikasi di kawasan Asia Tenggara. Kenaikan bujet ini didorong oleh pengiklan dari industri ritel dan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), e-commerce, game dan Banking - Financial Services and insurance (BFSI).

Rishi Bedi, Wakil Presiden Asia Tenggara, Jepang, dan Korea InMobi dalam siaran pers menjelaskan, ponsel dapat memberikan pengalaman video tanpa batas kepada penggunanya, yang merupakan hal signifikan di Asia Tenggara, karena pangsa pasarnya sangat besar. Menurutnya brand menyadari potensi besar dari pemasaran video adalah, dalam menciptakan hubungan nyata dengan konsumen.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Mulai dari orientasi layar, target yang berbasis data, dan penempatan iklan di waktu yang tepat, merupakan strategi iklan video terprogram akan sangat penting bagi brand untuk dapat menonjol di antara konsumen yang menggunakan ponsel,” jelas Rishi, melalui siaran media yang diterima infobrand.id, Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut Rishi menjelaskan, ada tiga kesimpulan dan rekomendasi penting dari laporan terbaru tersebut, terkait optimalisasi format iklan, pengeluaran, dan kampanye iklan video ponsel, yakni:

  • Rasio klik-tayang atau click-through rates (CTRs) tumbuh 179%, tiga kali lipat dilihat perkembangannya dari tahun ke tahun, hal ini dipicu karena format video di dalam aplikasi jauh lebih unggul dibandingkan dengan format iklan lainnya.
  • Dibandingkan dengan format iklan bergambar statis seperti banner, video memiliki CTR 47% lebih tinggi, dengan pertumbuhan 6x lipat secara tahunan. Pengiklan tertinggi, yakni; ritel /FMCG, e-commerce, dan industri media sosial, banyak berinvestasi pada format video lanskap karena mudah untuk mengonversi konten dan diarahkan langsung ke brand campaign tersebut.
  • CTR video vertikal telah tumbuh sebesar 196% secara tahunan, didorong oleh level CTR 2x lebih tinggi pada video vertikal dibandingkan format lainnya. Video vertikal adalah format pilihan iklan yang digunakan oleh para pemasar dari industri e-commerce, sosial, dan game.

Sebagai informasi, laporan State of Programmatic Video Advertising in Southeast Asia 2021 menganalisis data iklan seluler pada periode Januari 2020 hingga Januari 2021 yang tersedia di platform periklanan terprogram InMobi, yang menjangkau lebih dari 180 juta pengguna unik di seluruh wilayah Asia Tenggara. Laporan ini mengkaji pertumbuhan eksponensial konsumsi seluler selama setahun terakhir dan bagaimana marketers (pelaku pemasaran) dapat mengoptimalkan sebagai channel marketing untuk memahami kebutuhan dari pelanggan mereka.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...