Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Langkah Membuat Strategi PR Digital yang Efektif

Posted by: 1841 viewer

Langkah Membuat Strategi PR Digital yang Efektif
Public Relations.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digitalisasi media saat ini telah mengubah bagaimana konsumen di seluruh dunia menghabiskan waktu mereka. Bagi para praktisi PR profesional, pergeseran ini tentu berdampak pada pengemasan kampanye mereka. Saat ini, lanskapnya benar-benar berbeda dan  lembaga-lembaga tradisional meningkatkan diri mereka untuk menjadi cerdas secara digital.

Ketika praktik PR tradisional mulai beralih ke digital, siapa pun yang ingin membuat strategi PR digital yang efektif harus menyatukan komponen perencanaan, pelaksanaan, dan penelitian yang biasanya dengan proses PR dan Search Engine Optimization (SEO) yang khas.

Lantas bagaimana mengukur keefektivitasan strategi humas di era digital, cara berikut dapat diterakan untuk membuat strategi PR digital:

IKLAN INFOBRAND.ID

1. Tentukan Tujuan Anda

Pastikan Anda dan tim memiliki tujuan yang jelas, tujuan yang terkait dengan strategi Anda dan apa yang ingin Anda capai atau hasil nyata dari aktivitas Anda. Penting untuk memiliki tujuan yang terperinci dari awal untuk memastikan semua yang Anda lakukan sebagai bagian dari strategi yang telah dirancang.

2. Target Audiens

Pastikan tujuan Anda berkaitan dengan target audiens Anda, jadi langkah selanjutnya adalah menentukan dengan siapa Anda ingin berkomunikasi melalui kampanye PR digital Anda. Tentunya dengan menentukan target audiens yang tepat dapat membantu dan mempermudah mencapai target audiens yang tepat.

3. Temukan Ciri Khas Merek Anda

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengidentifikasi  ciri khas merek Anda adalah salah satu bagian terpenting dari strategi. Anda perlu mengetahui apa yang dapat dibicarakan atau dikaitkan dengan percaya diri oleh merek Anda dan bagaimana hal itu mengikat minat audiens target Anda. Buat daftar topik atau tema yang cocok dengan merek dan audiens Anda untuk membantu pembuatan konten.

4. Kalender Konten Editorial

Kalender konten editorial adalah bagian kunci dari setiap pekerjaan PR digital. Dokumen ini akan mendukung jadwal produksi konten Anda dan rencana penjangkauan.  Tim dan kalender konten editorial  harus berfungsi sebagai kesatuan dan fleksibel untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Buatlah Konten

Setelah Anda dan tim menentukan sasaran, audiens, dan ciri khas merek serta kalender konten yang dibuat, kini saatnya untuk mulai memikirkan jenis konten yang dapat Anda buat atas nama merek untuk mendapatkan coverage dan engagement.

IKLAN INFOBRAND.ID

6. Penjangkauan & Pembuatan Daftar Media

Sebelum Anda meluncurkan kampanye Anda, Anda perlu menentukan media atau kontak pers yang akan Anda hubungi. Anda dapat membaca situs berita online dan mencari penulis yang membahas tema serupa. Menjangkau kontak lama Anda harus mengukur minat mereka pada topik kampanye Anda.

7. Laporan dan Evaluasi

Langkah terakhir dari setiap kampanye PR digital adalah laporan dan evaluasi. laporan sangat penting karena membantu membuktikan bahwa Anda mendapatkan Return on Investment (ROI) yang baik pada aktivitas PR digital Anda, dan itu dapat menunjukkan kepada Anda kampanye mana yang berhasil atau gagal agar Anda dapat belajar dari mereka di masa depan.

Demikian beberapa langkah dan strategi menjalankan strategi digital PR. Dengan menjalankan langkah-langkah tersebut akan dapat memaksimalkan peran PR perusahaan dan brand. (Berbagai Sumber) 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...