Lippo Malls Indonesia Kurangi Beban TPA, Terapkan 3R
Posted by: Alvin Pratama | 25-02-2025 11:19 WIB | 296 views

INFOBRAND.ID-Lippo Malls Indonesia (LMI) terus memperkuat komitmennya dalam mengelola sampah secara lebih berkelanjutan dengan cara mengurangi volume sampah yang berakhir di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) menerapkan prinsip Reduce, Reuse, Recycle (3R).
Dalam operasionalnya, LMI menangani berbagai jenis sampah, mulai dari sampah domestik pengunjung, limbah organik dari food court dan tenant makanan, hingga sampah lanskap dari ruang terbuka hijau. Untuk meningkatkan efisiensi, strategi yang diterapkan melibatkan optimalisasi sumber daya, pengurangan sampah, dan peningkatan tingkat daur ulang.
Peningkatan Pengalihan Sampah
Pada 2023, LMI berhasil mengalihkan 1.200 ton sampah dari total 9.200 ton yang dihasilkan, atau sekitar 13%, melalui pemanfaatan kembali, daur ulang, dan pengomposan. Angka ini meningkat pada 2024, dengan pengalihan 2.200 ton sampah dari 12.000 ton yang dihasilkan, mencapai 18%.
Marlo Budiman, Presiden Direktur LMI, menegaskan pentingnya langkah ini dalam menciptakan ekosistem pusat perbelanjaan yang lebih ramah lingkungan. “Kami berkomitmen mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dengan terus meningkatkan pengelolaan sampah. Melalui pendekatan ESG, kami ingin memastikan keberlanjutan operasional pusat perbelanjaan di masa depan,”* ujar Marlo.
Selain itu, keterlibatan tenant dan pengunjung menjadi bagian penting dalam strategi ini. LMI terus mendorong kesadaran dan partisipasi aktif dalam praktik pengelolaan sampah guna mendukung prinsip ekonomi sirkular.
Baca berita lainnya di Google News