Senin, 23 Juni 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Loluna, Brand Lokal yang Menjawab Keresahan Orang Tua soal Produk Perawatan Bayi

Posted by: Alvin Pratama | 15-05-2025 15:16 WIB | 586 views

Loluna, Brand Lokal yang Menjawab Keresahan Orang Tua soal Produk Perawatan Bayi Loluna

INFOBRAND.ID-Industri produk perawatan bayi terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran orang tua dalam memilih produk yang aman, efektif, dan nyaman digunakan. Meski begitu, tak sedikit yang masih kebingungan memilih produk wangi tapi berisiko iritasi, atau yang aman tapi kurang menyenangkan secara sensorik. 

Celah inilah yang dimanfaatkan oleh sejumlah pelaku usaha lokal untuk menghadirkan inovasi baru. Salah satunya adalah Loluna, brand baby skincare lokal yang didirikan berdasarkan keresahan personal dari sang pemilik terhadap keterbatasan produk perawatan bayi yang benar-benar memenuhi kebutuhan keluarga masa kini. 

“Sebagai ibu, saya merasa harus selalu memilih. Mau yang wangi, tapi takut bikin iritasi. Mau yang aman, tapi anak jadi nggak suka baunya. Padahal, harusnya bisa punya semua,” ungkap Bianca Belnadia, Co-founder sekaligus CEO Loluna. 

Dari pengalaman itu, Bianca bersama kedua rekannya Faldo Arsanda dan Gary Nelson, melakukan riset untuk menghadirkan produk perawatan kulit bayi yang menyelesaikan masalah nyata para orang tua. Hasilnya, diimplementasikan ke produk Loluna Baby Minyak Telon Extra 3-in-1, yang menggabungkan nilai tradisi dengan sentuhan modern.

Minyak telon ini bukan hanya memberikan rasa hangat, tapi juga perlindungan dari nyamuk hingga 10 jam, kelembutan dari minyak alpukat dan argan, serta aroma khas bayi yang menenangkan. Uniknya, produk ini juga telah teruji dermatologis sehingga sangat aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Menurut dr. Henyta dari Kusuma Beauty Clinic, pendekatan ini memang relevan dengan kebutuhan bayi modern. “Kulit bayi sangat sensitif, sehingga penting menggunakan produk yang tidak hanya aman secara bahan, tapi juga terbukti melalui uji klinis,” ujarnya. 

Selain inovasi produk, Loluna juga memiliki strategi distribusi yang mumpuni. Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, Loluna yang didirikan pada September 2023 ini telah masuk ke jaringan ritel besar seperti Watsons dan Grand Lucky, serta ratusan babyshop di lebih dari 50 kota di Indonesia, dengan total telah menjangkau lebih dari 5.000 titik penjualan di Indonesia.  

Mereka juga memanfaatkan kekuatan komunitas, berkolaborasi dengan para orang tua dan tokoh parenting seperti Natasha Surya untuk memastikan produk benar-benar relevan dan mendapat kepercayaan dari konsumen.

Dengan menggabungkan empati, inovasi, dan strategi distribusi yang presisi, Loluna berupaya menunjukkan bahwa brand lokal bisa menjadi pemain kuat dalam industri yang selama ini dikuasai oleh nama-nama besar.  “Kami ingin hadir sebagai teman para orang tua, bukan hanya menawarkan produk, tapi juga solusi dan rasa tenang," ujar Bianca. 

Dari pengalaman itu, Bianca bersama kedua rekannya Faldo Arsanda dan Gary Nelson, melakukan riset untuk menghadirkan produk perawatan kulit bayi yang menyelesaikan masalah nyata para orang tua. Hasilnya, diimplementasikan ke produk Loluna Baby Minyak Telon Extra 3-in-1, yang menggabungkan nilai tradisi dengan sentuhan modern.

Minyak telon ini bukan hanya memberikan rasa hangat, tapi juga perlindungan dari nyamuk hingga 10 jam, kelembutan dari minyak alpukat dan argan, serta aroma khas bayi yang menenangkan. Uniknya, produk ini juga telah teruji dermatologis sehingga sangat aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Menurut dr. Henyta dari Kusuma Beauty Clinic, pendekatan ini memang relevan dengan kebutuhan bayi modern. “Kulit bayi sangat sensitif, sehingga penting menggunakan produk yang tidak hanya aman secara bahan, tapi juga terbukti melalui uji klinis,” ujarnya. 

Selain inovasi produk, Loluna juga memiliki strategi distribusi yang mumpuni. Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, Loluna yang didirikan pada September 2023 ini telah masuk ke jaringan ritel besar seperti Watsons dan Grand Lucky, serta ratusan babyshop di lebih dari 50 kota di Indonesia, dengan total telah menjangkau lebih dari 5.000 titik penjualan di Indonesia.  

Mereka juga memanfaatkan kekuatan komunitas, berkolaborasi dengan para orang tua dan tokoh parenting seperti Natasha Surya untuk memastikan produk benar-benar relevan dan mendapat kepercayaan dari konsumen.

Dengan menggabungkan empati, inovasi, dan strategi distribusi yang presisi, Loluna berupaya menunjukkan bahwa brand lokal bisa menjadi pemain kuat dalam industri yang selama ini dikuasai oleh nama-nama besar.  “Kami ingin hadir sebagai teman para orang tua, bukan hanya menawarkan produk, tapi juga solusi dan rasa tenang," ujar Bianca. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV