Rabu, 17 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

LRT Jakarta Ajak UMKM Buka Usaha di Sekitar Stasiun

Posted by: 1845 viewer

LRT Jakarta Ajak UMKM Buka Usaha di Sekitar Stasiun
Stasiun LRT/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Anak usaha BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yakni LRT Jakarta mengajak pelaku UMKM membuka usaha di sekitar stasiun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Direktur Utama LRT Jakarta Wijanarko mengatakan, stasiun yang ada di LRT sangat memungkinkan untuk pemasangan tenant maupun hal lainnya.

"Itu memungkinkan, banyak yang bisa di-create di stasiun agar menciptakan growth yang ada di stasiun sehingga menumbuhkan ekonomi baru di sekitarnya," kata dalam diskusi peluang usaha kreatif di Jakarta, Jumat (27/8/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut dia, tak hanya di dalam dan sekitar stasiun, peluang usaha juga bisa tumbuh di kawasan transportasi kereta api perkotaan lainnya khususnya yang ada di Jakarta.

"Perkeretapiaan perkotaan bisa menjadi salah satu bidang UMKM atau usaha mikro kecil," ucapnya.

LRT Jakarta berdiri dan mulai beroperasi pada 1 Desember 2019 dengan enam stasiun yang dilalui mulai Pegangsaan Dua di Kelapa Gading, Jakarta Utara hingga Velodrome di Jakarta Timur dengan total jarak 5,8 kilometer.

"Kami bermaksud untuk menjaring komunitas UMKM yang ada di sekitaran wilayah Jakarta agar bisa bangkit bersama dengan LRT di tengah pandemi untuk meningkatkan perekonomian dengan aset yang kami miliki," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius yang juga menjadi pembicara dalam diskusi tersebut mengatakan beragam bisnis sektor transportasi di antaranya kios serba ada.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, kios sehat, restoran dan jajanan, elektronik, toko oleh-oleh, kebutuhan hiburan keluarga, tur dan perjalanan, toko fesyen hingga toko koper.

Beberapa jenis usaha tersebut merupakan bagian dari sektor ekonomi kreatif.

Berdasarkan data Opus Creative Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif Indonesia diperkirakan mampu menyumbang hingga Rp1.100 triliun ke Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sumbangan terbesarnya berasal dari tiga subsektor industri ekonomi kreatif, yaitu kuliner, fesyen, dan kriya (kerajian).

Adapun salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang tumbuh di tengah pandemi adalah perdagangan daring atau e-commerce.

IKLAN INFOBRAND.ID

Penyumbang PDB terbesar adalah kuliner sebesar 41,6 persen, fesyen sebesar 18,1 persen dan kriya 15,7 persen berdasarkan hasil survei khusus ekonomi kreatif oleh Bekraf dan BPS pada 2016.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...