Jakarta, INFOBRAND.ID – Beberapa waktu lalu Nissan memutuskan untuk menutup pabriknya di Indonesia. Namun, meski tanpa pabrik, Nissan akan tetap mewujudkan eksistensinya di Tanah Air. Baru-baru ini Nissan meluncurkan crossover Nissan Kicks e-Power dengan teknologi inovatif dan harga yang kompetitif. Ini sekaligus bukti walaupun Nissan menutup pabriknya, perusahaan otomotif Jepang ini tidak pergi dari Indonesia.
Secara resmi Nissan Kicks dibanderol Rp 449 juta OTR jakarta. Harga itu terbilang cukup menjanjikan mempertimbangkan Nissan menawarkan banyak inovasi teknologi dalam mobil ini.
"Harganya sangat kompetitif dan ini memang bukan mobil yang tergolong murah, dengan teknologi terbaru kami coba berikan harga sebaik mungkin untuk konsumen," ungkap Isao Sekiguchi, Direktur PT Nissan Motor Indonesia.
Keunggulan yang membuat Sekiguchi optimistis akan daya pikat mobil ini adalah kelebihan mobil listrik yang bisa ditawarkannya. Suara senyap dan akselerasi instan menjadi nilai jual utama Nissan Kicks e-Power.
"Saya pikir apa yang kami bawa lewat mobil ini adalah mereka dapat merasakan mobil listrik yang mana sangat senyap, akselerasi baik, dan fuels efficiency tanpa memikirkan kapan mengisi daya dan ini tepat untuk Indonesia. Ini adalah langkah baik untuk memberikan pemahaman EV kepada pasar baru. Kami sangat yakin customer akan mendapatkan keuntungdan dan kesenangan mengendarai mobil listrik," paparnya.
Mobil anyar Nissan Kicks e-Power itu digadang memiliki sistem berbeda dengan hybrid. Mobil ini hadir dengan mesin yang sama dengan Nissan Note, yakni mesin 1,2 liter yang difungsikan sebagai generator untuk mengaliri tenaga listrik ke baterai.
Sekiguchi menjelaskan bahwa konfigurasi mesin Kicks e-Power berbeda dengan hybrid biasa.
Nissan Kicks E-Power masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Akan tetapi penggeraknya sudah menggunakan motor listrik di masing-masing roda. Cara kerja mesin ini mudahnya adalah mesin bekerja seperti generator daya untuk baterai listrik. Dari baterai listrik baru memberikan energi untuk semua ban.
Kendati cukup percaya diri, Sekiguchi belum memiliki target penjualan dalam bentuk angka dari Nissan Kicks. Menurutnya mobil ini masih tergolong baru secara teknologi. Oleh sebab itu target peluncuran Nissan Kicks e-Power adalah memperkenalkan keunggulan teknologi dari Nissan.
"Saat ini kami belum memiliki target berupa angka karena bagi kami model ini adalah model yang membawa teknologi terbaru kami. Dan target kami adalah membuat customer mengerti apa benefit yang bisa didapat dari e-Power yang mana saya rasa cocok untuk pasar Indonesia," tutupnya.