Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Manfaat Branding Toko di Marketplace

Posted by: 2076 viewer

Manfaat Branding Toko di Marketplace
Marketplace.

INFOBRAND.ID - Dalam dunia bisnis, sering kali kita temui produk yang sama namun berbeda merek berbeda harga yang ditawarkan. Menariknya, meskipun harga yang ditawarkan jauh lebih mahal, namun sebuah produk tetap saja dibeli, hanya karena merek yang dimiliki. Sebagai contoh produk kopi, merek Starbuck dikenal memiliki harga yang mahal, namun menjadi outletnya menjadi tongkrongan yang tidak pernah sepi.

Demikian diungkapkan oleh Dimas Kuncoro Jati, Senior Lead Public Polity and Governance Relations Tokopedia dalam IPTalk Brand (H)ours dengan Tema Membangun Merek di Dunia Digital, yang diselenggarakan oleh Dirjen Kekayaan Intelektual (DJKI), Rabu (27/9/2023). Menurutnya, branding toko adalah semua alat atau aktivitas yang digunakan untuk membangun reputasi dan menciptakan loyalitas yang kuat dengan pembeli, sehingga pembeli memahami nilai dan pesan utama dari produk secara efektif dan relevan.

Dimas menjelaskan, Branding sangat penting bagi sebuah toko, karena memberikan keuntungan seperti membedakan produk dengan produk kompetitor, menjadi wadah untuk menjelaskan keunggulan produk, agar dapat memahami kebutuhan dan keinginan pembeli dengan lebih baik, dan sebagai kekuatan brand karena dapat mempengaruhi performa finansial.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut ada banyak manfaat menjadi branding toko yang kuat, yakni: lebih dikenal oleh pembeli karena pembeli cenderung memilih untuk berbelanja di toko yang dikenal karena menimbulkan rasa aman dan percaya terhadap toko. Meningkatkan loyalitas pembeli, karena pembeli cenderung setia untuk berbelanja di toko yang memiliki idealisme dan hubungan emosional yang kuat.

Fleksibel dalam menentukan harga jual, dengan branding toko yang kuat, pembeli akan selalu merasa butuh produk dan tidak lagi membandingkan harga dengan toko lain. Meningkatkan kredibilitas toko, dengan branding toko akan terlihat lebih profesional, sehingga kredibilitas toko di mata pembeli dapat meningkat, pembeli pun akan lebih yakin untuk berbelanja di toko. Dan mempermudah launcing produk baru, dengan branding toko yang kuat akan lebih mudah memperkenalkan produk baru dari toko dan pembeli tidak akan ragu untuk mencoba produk tersebut.

Juga dijelaskan, ada lima langkah membangun branding toko, yakni; Kenali target pembeli, dengan identigfikasi hal yang pembeli paling sukai dari produk, keunggulan di mata pembeli dan kelebihan produk dibandingkan dengan kompetitor. Membuat pesan yang mudah diingat, membuat pesan marketing yang menjelaskan kelebihan bisnis atau apa yang ingin diberikan ke pembeli secara jelas.

Buat logo yang mendukung, pastikan elemen visual logo untuk mendukung pesan yang ingin disampaikan, agar jangan sampai logo terlibat membosankan. Berikan pelayanan yang berkesan, pelayanan yang baik dapat mendukung branding toko yang dibangun dan mempertahankan kredibilitas toko, agar dikenal sebagai toko yang raman dan membantu. Pemeriksaan visual logo, jadi jangan lupa untuk menambahkan logo toko di seluruh media promosi dan kemasan yang digunakan agar logo toko lebih familiar dan diingat oleh pembeli.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...