Rabu, 10 Agustus 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Masuki 11 Tahun Era Digital, Brand Perlu Strategi Ini Supaya Makin Berkembang!

Posted by: 02-06-2022 16:36 WIB 493 viewer

Masuki 11 Tahun Era Digital, Brand Perlu Strategi Ini Supaya Makin Berkembang!
Webinar di Ajang Penghargaan Brand Choice Award 2022 - Arto Soebiantoro

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memasuki tahun ke 11 tahun di industri media digital, membuat brand-brand di Indonesia semakin semangat dalam unjuk gigi membangun karirnya. Metode yang dihadirkan dalam dunia digital pun beragam,  mulai dari promosi di website official hingga menggunakan metode baru dengan beberapa social media yang sedang marak sekarang seperti Instagram, Instagram Story, Twitter, Facebook dan lain lain.

Namun semua itu tidak membuat cukup puas karena ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar lebih maksimal dalam membangun image brand dari tahun ke tahun. Ini menjadi tantangan karena perilaku konsumen juga akan semakin berubah mengikuti perubahan jaman.

Hal ini dijelaskan oleh Dian Martinew, selaku Ketua Umum Asosiasi  Digital Marketing Indonesia, dalam sesi Webinar di ajang penghargaan Brand Choice Award hari Selasa lalu. Ia menyampaikan bagaimana proses sebuah brand berkembang dari sisi marketing disebuah marketplace serta hal-hal yang masih bisa digali lebih dalam membangun sebuah brand di ranah digital.

“Dengan anggota kita yang tersebar hingga 20.000 ribu dari Sabang sampai Merauke, serta riset-riset yang dilakukan dari beragam marketplace. Diketahui ada data untuk bulan April di salah satu Marketplace, urutan pertama penjualan produk terbanyak diduduki oleh Produk Kecantikan dengan 24% disusul dengan perlengkapan rumah dengan 20%. Hal ini dinilai dari penjualan berdasarkan kuantitinya. Sedangkan berdasarkan nominal juga dipegang oleh perawatan kecantikan” jelas Dian.

Dian menambahkan, untuk total penjualan perlengkapan rumah bulan Maret dan April turun hingga 68%. Berdasarkan data tersebut menurutnya kita sebagai sebuah owner suatu brand bisa memanfaatkan suatu marketplace.

“Dengan beberapa cara seperti kompetisi, lokasi display strategis dan membangun strategi.” Tambah Dian.

Sebagai contoh, strategi yang digunakan Miniso. Mereka menggunakan strategi voucher 50%, Voucher toko RP. 5 Ribu OFF, 10% OFF, Vocuher Shopee “Murah Lebay” untuk menunjukkan bahwa harga yang ditunjukkan adalah harga yang paling murah dari seluruh toko di Shopee.

Selanjutnya, hadir juga di ajang penghargaan yang sama yaitu Arto Soebiantoro, selaku Founder dan Owner GambaranBrand. Ia membagikan tips agar sebuah brand dapat stand out dari para pesaing dengan cara berfikir terbalik atau yang tidak biasa.

“Dalam mengusung strategi yang sukses tentunya harus memikirkan cara, missal Ketika beberapa perusahaan melakukan strategi yang sama dan kita juga melakukannya. Maka itu akan menjadi tugas untuk kita agar lebih baik lagi, ada jalan baru dengan menjadi beda dengan beberapa brand tentunya akan meningkatkan peningkatan jumlah konsumen” jelas Arto.

Misalnya, Arto menambahkan jika seseorang memiliki sofa dijalan, maka itu akan terlalu biasa. Namun jika melihat sofa dijalan tentunya hal tersebut diluar dari biasanya dan mengundang seseorang untuk melihat serta memperhatikan apa yang akan terjadi pada sofa tersebut. Tentunya hal itu berlaku juga bagi sebuah brand dalam berpromosi.

Adapula dalam membangun sebuah brand dan memperhatankannya ada 3 cara, yaitu yang pertama sebuah brand harus menyasar semua marketplace. “Di dunia digital seperti saat ini marketplace sangat dibutuhkan bagi sebuah brand. Karena masyarakat juga inginnya juga yang simple dan terdapat di satu tempat saja jika ingin Berbelanja”. Terang Arto.

Yang kedua, sebuah brand harus mempromosikan ke seluruh tanah air atau bila ingin lebih sukses lagi dengan melakukan promosi ke mancanegara tapi dengan harga yang pas. Yang ketiga, sebuah brand boleh menjual produk yang sama dengan pesaing namun harus memiliki unsur kecil yang beda. Sehingga pesaing juga tidak merasa dirugikan dengan produk yang dijual oleh satu brand.

Ketiga hal tersebut tentunya wajib disikapi, karena untuk sebuah brand yang mencapai kesuksesan harus diciptakan diri sendiri dan fokus pada pasar.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan

Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, Penghargaan Khusus Brand Produk Kesehatan dan Kecantikan
INFOBRAND.ID - Dari 275 juta penduduk Indonesia, 20% atau lebih dari 50 juta orang merupakan kelas menengah, kelompok penduduk yang mampu mencukupi ke...


Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022

Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia Hadirkan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022
INFOBRAND.ID - Menurut data Badan Koordinasi dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun sedikitnya ada 5 juta anak lahir di Indonesia. Tingginya ang...


Digital Popular Brand Award 2022 : Jajaran Brand - Brand Juara di Ranah Digital

Digital Popular Brand Award 2022 : Jajaran Brand - Brand Juara di Ranah Digital
INFOBRAND.ID - Masifnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Termasuk dalam...


Top Corporate Award 2022, Apresiasi untuk Emiten dengan Kinerja Positif

Top Corporate Award 2022, Apresiasi untuk Emiten dengan Kinerja Positif
INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun lebih telah memberikan tantangan bagi perusahaan di Indonesia. Salah satu tantangan...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index