Selasa, 25 Juni 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor

Posted by: 06-03-2019 10:33 WIB 138 viewer

Masuki Era Industri 4.0, Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor
Kemendag/ Foto: dok istimewa

Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, meningkatnya tensi perdagangan antarnegara, dan perkembangan tekonologi, Kementerian Perdagangan telah menyiapkan strategi guna meningkatkan ekspor Indonesia di era industri 4.0. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita saat menjadi narasumber dalam seminar Business Plan National Festival 1.0 di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019).

“Strategi  yang telah disiapkan Kemendag adalah dengan fokus terhadap produk industri olahan yang bernilai tambah tinggi, mengelola tata niaga impor dengan lebih baik, meninjau perjanjian perdagangan yang ada, menyelenggarakan forum bisnis dan penjajakan bisnis di negara mitra, mengembangkan bidang niaga-el dan ekonomi kreatif, serta memperbaiki kualitas peraturan perdagangan," jelas Mendag.

Langkah yang paling nyata adalah dengan mempererat kerja sama dengan mitra-mitra dagang utama. Misal, dengan Korea, Indonesia mengaktivasi kembali Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement pada 19 Februari 2019. Lalu, Indonesia juga baru saja menandatangani Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) pada 4 Maret 2019. IA-CEPA adalah perjanjian perdagangan yang terdiri dari perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, dan kerja sama ekonomi.

Selain menjalin kerja sama perdagangan, Indonesia juga aktif berpartisipasi dalam pameran dagang internasional seperti World Expo di Dubai dan Shanghai. Di dalam negeri, Indonesia setiap tahunnya juga rutin mengadakan Trade Expo Indonesia (TEI). Pada TEI ke-33 yang diselenggarakan tahun lalu, Kemendag berhasil menarik lebih dari 30 ribu pengunjung dengan nilai transaksi sebesar USD 8,5 miliar.

Mendag menyampaikan, ekspor dan investasi adalah dua hal yang tidak mungkin terpisahkan. Perkembangan investasi Indonesia kini telah mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. “Daftar negatif investasi yang terakhir diterbitkan pada tahun 2016 telah membuka kesempatan investasi yang lebih besar. Dalam hal kemudahan berusaha, peringkat indeks kemudahan berusaha di Indonesia telah naik ke peringkat 72 pada tahun 2018, dan ditargetkan naik ke peringkat 40 di tahun 2019,” ungkapnya.

Menurut Mendag, Indonesia secara perlahan tapi pasti sedang mengukir reputasi sebagai sebuah ekonomi yang layak diperhitungkan dalam kancah ekonomi global. Perekonomian Indonesia tumbuh rata-rata 5,2 persen dalam hampir tiga dekade ini. Dengan didukung stabilitas makro ekonomi dan dukungan pemerintahan yang solid, Indonesia kini menempati peringkat ke-16 sebagai ekonomi terbesar di dunia, dan peringkat ke-4 sebagai tempat tujuan investasi terfavorit di dunia.

Pada tahun 2050, lanjut Mendag, Indonesia diprediksi akan menjadi ekonomi terbesar ke-3 di Asia dan ke-4 di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. “Untuk mewujudkan proyeksi perekonomian tersebut, pemerintah saat ini berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan infrastuktur di segala bidang,” pungkas Mendag.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mantap, Passpod Makin Serius Garap Pasar Inbound Traveler

Mantap, Passpod Makin Serius Garap Pasar Inbound Traveler
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT. Yelooo Integra Datanet Tbk (Passpod) telah merancang sejumlah strategi di tahun 2019. Salah satunya adalah mulai serius me...


Sinar Mas Gelar Lokakarya ‘Ksatria Sawit’ di Medan, Ini Harapannya!

Sinar Mas Gelar Lokakarya ‘Ksatria Sawit’ di Medan, Ini Harapannya!
MEDAN, INFOBRAND.ID – Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar lokakarya bertajuk ‘Ksatria Sawit’ atau Kemamputelusuran Sawit Awal...


Kontroversi Larangan Iklan Rokok di Internet

Kontroversi Larangan Iklan Rokok di Internet
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Iklan rokok saat ini banyak ditemui di berbagai situs semacam Youtube, Instagram dan Game Online. Inilah alasan kenapa K...


Pencarian Rumah Meningkat Usai Lebaran, Rata-rata Dibawah Rp500 Juta

Pencarian Rumah Meningkat Usai Lebaran, Rata-rata Dibawah Rp500 Juta
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tren pencarian rumah mengalami peningkatan sebesar 120 persen usai lebaran. Hal ini berdasarkan data dari portal propert...