Rabu, 29 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Masyarakat Semakin Melek Digital, Begini Cara Tetap Aman dalam Tatanan Digital Baru

Posted by: 1761 viewer

Masyarakat Semakin Melek Digital, Begini Cara Tetap Aman dalam Tatanan Digital Baru
Kerja dari rumah.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menurut laporan 2021 Consumer Security Mindset: Travel Edition dari McAfee, Walaupun pembatasan kegiatan masyarakat masih berlaku, tapi 68% masyarakat Indonesia memiliki rencana untuk bepergian baik dalam kota, maupun luar kota dan daerah, bahkan 6% di antaranya berencana ke luar negeri. Di samping itu, 93% masyarakat Indonesia mengaku bahwa mereka terhubung ke lebih banyak perangkat dan melakukan lebih banyak aktivitas digital sejak awal pandemi COVID-19; ini terlihat dari banyaknya pembeli atau pengguna perangkat IoT di tahun lalu sebesar 84%, tapi hanya 1 dari 10 (13%) yang membeli keamanan tambahan.

 Lebih dari 88% responden mengindikasikan bahwa preferensi bepergian mereka berubah karena COVID-19, dengan lebih dari 40% memilih hotel atau penginapan, sedangkan lebih sedikit yang memilih tinggal bersama keluarga atau teman (37%), karena alasan kesehatan. Walau demikian, kehati-hatian ini tidak dibarengi dengan kesadaran untuk menjaga kesehatan digital.

Shashwat Khandelwal, Head of Southeast Asia Consumer mengungkapkan, perangkat digital pintar yang saling terhubung memang memudahkan hidup, tapi pengguna juga harus tetap berhati-hati dan menerapkan berbagai kebiasaan yang baik bagi kesehatan digital agar tetap aman. Perubahan kecil terhadap pola pikir ini memiliki manfaat yang besar dalam melindungi informasi pribadi kita sendiri, teman dan keluarga.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di sisi lain, laporan McAfee juga menemukan kesenjangan antara sentimen dan perilaku masyarakat, terkait keamanan ketika di rumah dan di luar rumah. Faktanya, 95% masyarakat Indonesia menyatakan bahwa mereka terhubung ke perangkat digital ketika mengunjungi tempat di luar rumah, yang membuat mereka rentan terhadap serangan.

Masyarakat sadar bahwa ada risiko keamanan yang mengintai ketika mereka terhubung dengan perangkat digital lain, tapi perilaku mereka menunjukkan bahwa keamanan seringkali terabaikan. Temuan yang menarik antara lain; hanya setengah (53%) dari masyarakat yang memeriksa keamanan jaringan yang terhubung, dan 57% mengakui bahwa mereka tidak terbiasa memeriksa keamanan jaringan ketika berada di luar rumah.

Ketika bepergian, lebih dari setengah (54%) mengakui bahwa mereka menggunakan Wi-Fi publik yang tersedia, walau 77% menyadari bahwa jaringan Wi-Fi semacam itu sangat rentan terhadap ancaman keamanan siber. 95% masyarakat Indonesia mengakui bahwa mereka pernah terhubung dengan perangkat dan jaringan yang bukan miliknya ketika berkunjung ke tempat lain di luar rumah – yang paling sering dijumpai adalah perangkat pribadi seperti laptop dan komputer (77%), smart TV (60%), speaker Bluetooth (56%) dan perangkat permainan digital (46%).

Terlebih lagi, seiring dengan keseharian masyarakat Indonesia yang semakin digital, maka perangkat IoT konsumen, seperti smart TV, penyedot debu robot, kamera pengawas dan asisten suara pribadi, mulai populer. Sedangkan kesadaran akan kesehatan digital masih mengkhawatirkan.

Dari laporan tersebut juga terungkap, 84% masyarakat Indonesia yang disurvei saat ini menggunakan perangkat IoT atau berencana untuk membeli perangkat IoT di rumah, namun hanya 31% yang mengerti cara kerjanya, sedangkan 13% lainnya sama sekali tidak tahu mengenai IoT - sehingga berpotensi membuka rumah mereka terhadap ancaman malware atau peretas.

76% masyarakat Indonesia sadar bahwa kebiasaan tidak mengubah kata sandi bawaan, tidak rajin memperbarui/update perangkat lunak dan tidak menggunakan solusi keamanan, bisa membuat mereka rentan terhadap malware, tapi 47% tidak menjaga kesehatan digital mereka dan merasa tidak membutuhkan langkah keamanan tambahan. Walaupun 87% menyatakan bahwa mereka mau mengambil langkah lebih jauh untuk memastikan keamanan perangkat IoT yang dimiliki, nyatanya hanya satu dari sepuluh (13%) yang membeli perangkat lunak keamanan tambahan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami

Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan jamu PT Herbathos untuk Indonesia merilis studi yang menunjukkan bahwa kalangan muda mengapresiasi jamu sebagai war...


4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024

4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini berhasil meraih penghargaan dalam ajang OTOMOTIF Award 2024 untuk empat model mo...


Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions

Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel Oppo, baru-baru ini menghadirkan ponsel lipat Find N3 edisi Liga Champions yang merupakan kolaborasi dengan UEFA...


Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024

Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024
INFOBRAND.ID-Edisi ketiga Borobudur Peace & Prosperity Festival (BPF), yaitu BPF 2024, telah sukses diselenggarakan pada periode Perayaan Waisak a...