Sabtu, 22 Januari 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Maybank Indonesia Selenggarakan Paparan Publik

Posted by: 24-11-2021 10:09 WIB 279 viewer

Maybank Indonesia Selenggarakan Paparan Publik
Paparan Publik dari Maybank Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID -  PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. hari ini menyelenggarakan Paparan Publik  secara online dan offline (hybrid) untuk menyampaikan perkembangan terkini seputar Bank kepada publik, termasuk para pemegang saham dan investor. Peserta yang menghadiri Paparan Publik secara offline diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Maybank Indonesia mencatat perolehan laba sebelum pajak (PBT) tercatat Rp1,48 triliun, naik sebesar 2,1% dari Rp1,45 triliun pada periode yang sama tahun lalu didukung oleh penurunan biaya provisi, biaya dana (cost of funds) dan overhead.

Sementara laba bersih setelah pajak dan kepentingan non pengendali (profit after tax and minority interest/PATAMI) turun 3,3% menjadi Rp1,06 triliun pada September 2021 dari Rp1,10 triliun pada periode yang sama tahun lalu, disebabkan oleh adanya penyesuaian perhitungan pajak tangguhan atau Deferred Tax.

Net Interest Income (NII), atau Pendapatan Bunga Bersih turun 4,7% menjadi Rp5,35 triliun pada sembilan bulan pertama 2021, disebabkan karena pertumbuhan kredit yang lebih rendah dan tren yield kredit (loan yield) yang menurun, sejalan dengan penurunan tingkat suku bunga Bank Indonesia dan restrukturisasi kredit nasabah yang sedang berlangsung akibat pandemi. Namun demikian, Net Interest Margin (NIM), atau Marjin Bunga Bersih naik 6 basis point menjadi 4,8% pada September 2021, didukung oleh turunnya biaya dana (cost of fund).

Fee-based income turun 14,8% pada September 2021, disebabkan oleh menurunnya pendapatan fee transaksi Global Market. Namun fee terkait Bancassurance bertumbuh 43,2% menjadi Rp152 miliar pada September 2021. Secara kuartalan, pendapatan fee naik 4,8% menjadi Rp522 miliar per September 2021 dari Rp498 miliar di kuartal sebelumnya.

Meskipun pendapatan bunga kredit dan fee-based income turun sebagai dampak dari pandemi yang masih berlanjut, laba sebelum pajak (PBT) Bank masih dapat bertumbuh, didukung langkah proaktif Bank sebelumnya, dengan mencadangkan provisi dan mengendalikan biaya overhead.

Sejak 2020, Maybank Indonesia mengambil langkah konservatif dan secara proaktif mencadangkan provisi pada portofolio di seluruh segmen bisnis, di tengah kondisi ekonomi yang menantang. Bank terus mendampingi debitur yang masih menghadapi tantangan dan menerapkan program restrukturisasi untuk menjaga kualitas aset Bank. Upaya proaktif Bank dengan mencadangkan provisi dan dampak positif dari penerapan program restrukturisasi tersebut telah memberikan kontribusi kepada penurunan biaya provisi Bank sebesar 26,4%. Bank juga mempertahankan risk posture pada tingkat yang sehat dan memastikan kualitas aset Bank tetap terjaga.

Bank mencatat rasio NPL (Konsolidasian) menjadi 4,6% (gross) dan 2,9% (net) pada September 2021, disebabkan oleh penurunan kredit. Meskipun demikian, Bank juga mampu menekan NPL kredit sebesar 4,2%.

Dari sisi overhead, Bank berhasil mengendalikan biaya overhead, yang tercatat turun 3,5% menjadi Rp4,26 triliun, didukung pengelolaan biaya yang berkelanjutan di seluruh organisasi, sehubungan masih dilaksanakannya inisiatif work from home selama pandemi.

Bank senantiasa disiplin melakukan pengelolaan biaya operasional dan memastikan setiap biaya yang dikeluarkan dapat berkontribusi bagi peningkatan pendapatan Bank.

 

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Telkomsel Siap Ugrade Seluruh Sinyal 3G ke 4G!

Telkomsel Siap Ugrade Seluruh Sinyal 3G ke 4G!
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mulai 2022 ini, Telkomsel secara bertahap dan terukur melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE...


Awal Tahun, Zurich Luncurkan Kampanye Asuransi #BarengJadiLebih

Awal Tahun, Zurich Luncurkan Kampanye Asuransi #BarengJadiLebih
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Zurich Asuransi Indonesia, Tbk mengawali langkah strategisnya di tahun 2022 dengan meluncurkan kampanye #BarengJadiLeb...


Keluar Pulau Jawa, Chigo Buka 9 Gerai di Medan

Keluar Pulau Jawa, Chigo Buka 9 Gerai di Medan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kenangan Brands sebagai perusahaan New Retail F&B terus memperluas jaringan serta jangkauan di bidang industri makanan. Ka...


Maybelline New York Meluncurkan Program Baru

Maybelline New York Meluncurkan Program Baru "Conscious Together"
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Maybelline New York, merek kosmetik nomor satu di dunia, meluncurkan program keberlanjutannya, Conscious Together. Program i...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index