Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Melirik Ketenaran Mixue yang Sedang Viral, Apakah Mampu Bertahan?

Posted by: 4951 viewer

Melirik Ketenaran Mixue yang Sedang Viral, Apakah Mampu Bertahan?
Gerai Mixue

INFOBRAND.ID-Keberadaan bisnis minuman yang sedang naik daun di Indonesia sangatlah banyak. Mereknya pun  berbagai macam, mulai dari Chatime, Kopi Kenangan, Haus, Esteh Indonesia, Xiboba dll. dan yang terbaru dan sedang viral adalah Mixue.

Gerai Mixue mengusung bisnis waralaba es krim dan teh dengan harga terjangkau. Namun apakah bisnis Mixue akan bertahan lama dan sustainable, dan kenapa Mixue bisa viral?

Banyak bisnis waralaba akhirnya redup setelah kemunculannya. Seperti dulu BreadTalk dan Warung Upnormal. Meski dua brand tersebut saat ini  masih beroperasi, namun ketenarannya tidak seperti awal kemunculannya dulu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengenai fenomena viral atau ramainya perbincangan masyarakat di media sosial tentang Mixue, Konsultan Bisnis dan Marketing Yuswohady mengatakan beberapa hal kenapa hal ini bisa terjadi. Menurut Yuswo demikian dia disapa, bisnis kuliner, apalagi kuliner kekinian itu mudah menjadi hype atau sensasional, yang menjadi sumber hype adalah connected experience. 

“Connected experience yaitu ketika netizen secara berjamaah menikmati pengalaman yang sama, mereka terkoneksi oleh media sosial, kemudian saling memperbincangkannya, maka boom, viral pun tak terhindarkan. Yang saya takutkan Mixue adalah ‘Hype-driven business’ yang segera meredup begitu hype-nya berakhir,” kata Yuswohady di Instagram pribadinya dengan mengutip penjelasan dalam buku Fomo Marketing karyanya.

Menurut Yuswo, es krim cs adalah kategori kuliner yang sifatnya indulgent artinya orang mengonsumsi untuk fun, pleasure, andenjoyment. Karena indulgent, pola konsumsinya adalah occasional setiap 1 sampai 2 minggu sekali, bukan habitual seperti Nasi Padang atau ayam geprek yang bisa setiap hari, bahkan 2 sampai 3 kali sehari.

“Apa implikasinya bagi Mixue? Market size Mixue tidak sebesar yang kita bayangkan. Artinya ekspansi Mixue akan punya limitasi yangg besar,” kata Yuswo.

Lalu, mengenai pertanyaan apakah ekspansi cabang Mixue akan segera terhenti? Yuswo menjawab bisa iya bisa juga tidak. Kuncinya agar tidak terhenti adalah inovasi tanpa henti, baik untuk produk maupun pengalaman.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Di era FOMO, fomsumer atau ‘FOMO consumers’ menginginkan sesuatu yang selalu baru dan mereka melompat dari satu viral ke viral berikutnya. Ini butuh never-ending innovation. Ketika energi inovasi Mixue hilang, maka pudar pula ekspansi bisnisnya,” kata Yuswo menutup penjelasannya.

Sejak kemunculannya pada tahun 2020 hingga awal tahun 2023, jumlah gerai es krim dan teh Mixue lebih dari 1.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini diprediksi akan terus naik seiring masih dibukanya peluang kemitraan untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...