Ahad, 29 Januari 2023

Follow us:

infobrand

infobrand

Melirik Ketenaran Mixue yang Sedang Viral, Apakah Mampu Bertahan?

Posted by: 11-01-2023 13:39 WIB 259 viewer

Melirik Ketenaran Mixue yang Sedang Viral, Apakah Mampu Bertahan?
Gerai Mixue

INFOBRAND.ID-Keberadaan bisnis minuman yang sedang naik daun di Indonesia sangatlah banyak. Mereknya pun  berbagai macam, mulai dari Chatime, Kopi Kenangan, Haus, Esteh Indonesia, Xiboba dll. dan yang terbaru dan sedang viral adalah Mixue.

Gerai Mixue mengusung bisnis waralaba es krim dan teh dengan harga terjangkau. Namun apakah bisnis Mixue akan bertahan lama dan sustainable, dan kenapa Mixue bisa viral?

Banyak bisnis waralaba akhirnya redup setelah kemunculannya. Seperti dulu BreadTalk dan Warung Upnormal. Meski dua brand tersebut saat ini  masih beroperasi, namun ketenarannya tidak seperti awal kemunculannya dulu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengenai fenomena viral atau ramainya perbincangan masyarakat di media sosial tentang Mixue, Konsultan Bisnis dan Marketing Yuswohady mengatakan beberapa hal kenapa hal ini bisa terjadi. Menurut Yuswo demikian dia disapa, bisnis kuliner, apalagi kuliner kekinian itu mudah menjadi hype atau sensasional, yang menjadi sumber hype adalah connected experience. 

“Connected experience yaitu ketika netizen secara berjamaah menikmati pengalaman yang sama, mereka terkoneksi oleh media sosial, kemudian saling memperbincangkannya, maka boom, viral pun tak terhindarkan. Yang saya takutkan Mixue adalah ‘Hype-driven business’ yang segera meredup begitu hype-nya berakhir,” kata Yuswohady di Instagram pribadinya dengan mengutip penjelasan dalam buku Fomo Marketing karyanya.

Menurut Yuswo, es krim cs adalah kategori kuliner yang sifatnya indulgent artinya orang mengonsumsi untuk fun, pleasure, andenjoyment. Karena indulgent, pola konsumsinya adalah occasional setiap 1 sampai 2 minggu sekali, bukan habitual seperti Nasi Padang atau ayam geprek yang bisa setiap hari, bahkan 2 sampai 3 kali sehari.

“Apa implikasinya bagi Mixue? Market size Mixue tidak sebesar yang kita bayangkan. Artinya ekspansi Mixue akan punya limitasi yangg besar,” kata Yuswo.

Lalu, mengenai pertanyaan apakah ekspansi cabang Mixue akan segera terhenti? Yuswo menjawab bisa iya bisa juga tidak. Kuncinya agar tidak terhenti adalah inovasi tanpa henti, baik untuk produk maupun pengalaman.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Di era FOMO, fomsumer atau ‘FOMO consumers’ menginginkan sesuatu yang selalu baru dan mereka melompat dari satu viral ke viral berikutnya. Ini butuh never-ending innovation. Ketika energi inovasi Mixue hilang, maka pudar pula ekspansi bisnisnya,” kata Yuswo menutup penjelasannya.

Sejak kemunculannya pada tahun 2020 hingga awal tahun 2023, jumlah gerai es krim dan teh Mixue lebih dari 1.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini diprediksi akan terus naik seiring masih dibukanya peluang kemitraan untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

 

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mengintip Bisnis Ramen Ala Keanu Angelo, Enak Dimakan

Mengintip Bisnis Ramen Ala Keanu Angelo, Enak Dimakan "Rame-Rame"
INFOBRAND.ID - Ramen, makanan khas Jepang semakin diminati masyarakat Indonesia. Memenuhi penikmatnya yang makin banyak, menginspirasi selebgram dan j...


Indofood Hadirkan Raisa Live in Concert di GBK

Indofood Hadirkan Raisa Live in Concert di GBK
INFOBRAND.ID-Konser tunggal Raisa Andriana bertajuk Indofood Presents: Raisa Live in Concert Stadion Utama Gelora Bung Karno akan segera digelar. Dise...


Cari Earphone Mumpuni? Baseus True Wireless Bluetooth TWS WM02 Boleh Jadi Jawabannya

Cari Earphone Mumpuni? Baseus True Wireless Bluetooth TWS WM02 Boleh Jadi Jawabannya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Buat kamu yang sedang mencari earphone, TWS WM02 yang imut dan lucu dengan case yang transparan ini memiliki desain earbud yan...


Strategi Avian Pakai Yuan, Antisipasi Fluktuasi Dolar AS

Strategi Avian Pakai Yuan, Antisipasi Fluktuasi Dolar AS
INFOBRAND.ID- Fluktuasi dolar AS disebut berdampak pada penurunan penjualan emiten cat milik Hermanto tanoko, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) sebesar 1,2 pe...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus