Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Memahami Kebutuhan, Aqua Japan Jadi Pilihan Konsumen Indonesia

Posted by: 3354 viewer

Memahami Kebutuhan, Aqua Japan Jadi Pilihan Konsumen Indonesia
Produk lemari es Aqua Japan.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hadir ke Indonesia sejak tahun 2015 pasca akuisisi Hairer terhadap Sanyo, Aqua Japan terus mengembangkan produk home appliance di Indonesia. Beragam produk dihadirkan seperti Lemari Es, Mesin Cuci, AC, LED TV, Freezer, Show Case, hingga small appliance seperti rice cooker, microwave dan blender.

Boleh dibilang sebagai pendatang baru di pasar Indonesia, Aqua Japan langsung menyasar segmen usia produktif, 20-45 tahun, yang diisi oleh keluarga baru dan keluarga muda di Indonesia. Segmen ini dipandang sebagai kelompok yang haus akan teknologi dan inovasi, untuk memenuhi kebutuhan mereka di era yang samakin maju. Untuk itu, sejak kehadirannya di Indonesia, Aqua Japan langsung memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana edukasi hingga promosi.

Sapto Adi Putro, selaku Produk Manager Aqua Japan mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhannya, konsumen di segmen tersebut membutuhkan edukasi akan fungsi sebuah produk. Aqua Japan memanfaatkan website maupun media sosial dan TVC, TikTok.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Di seluruh saluran informasi di media digital kita hadir dan maksimalkan. Terutama informasi mengenai produk, itu yang paling penting, kenapa konsumen butuh produk ini,” ungkap Sapto.

Dengan informasi yang lengkap, lanjut Sapto, imbasnya ada fenomena menarik, di mana konsumen datang ke toko langsung menanyakan model dari produk yang dicari. Hal itu, menurutnya sangat membantu dalam penjualan di seluruh toko dan dealer.

“Karena ada sedikit kesulitan di home appliance, konsumen ingin melihat fisiknya langsung. Dia ingin pegang langsung,” jelasnya.

Produk Berkualitas

Karena perilaku konsumen tersebut, diakui oleh Sapto, penjualan melalui e-commerce saat ini memang masih relatif kecil. Tapi Aqua Japan mencatat penjualan nomor 1 di marketplace untuk produk lemari es di tahun 2019 lalu. Capaian tersebut, diperkirakan dipengaruhi oleh harga dan promosi yang dilakukan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi kunci, masih di produk, harga, promosi, dan layanan service. Brand Aqua Japan, di jajaran Top Five Brand, yang paling murah,” jelasnya.  

Kendati dikenal memiliki harga yang kompetitif, lanjut Sapto, Aqua Japan tetap memiliki produk yang unggul. Tidak semua harga Aqua Japan lebih murah, tapi tetgantung fitur dan teknologi yang diberikan. Contohnya produk yang diluncurkan di 2020 dan 2021, yaitu magic room, produk kulkas dua pintu, punya 3 ruangan. Dengan pengaturan fleksibel, pendingin hingga pembeku, dari 5 derajat hingga -18 derajat.

“Karena Indonesia ini sangat kaya akan makanan, kemudian perkembangan kuliner juga sangat pesat, dan kebutuhan konsumen sangat beragam,” katanya.

Keunggulan lainnya, memberikan sangat ditel spesifikasi produknya. Ada produk yang punya cosmetik box. Ada yang punya khusus penyimpanan ASI. Lemari Es, variasi sangat lengkap, mulai dari 1 pintu, 2 pintu, dari 50 liter sampai 500 liter. Pintu metal sampai glass door. Jadi pilihan sangat lengkap untuk semua segmen di Indonesia.

“Sesuai Tagline kita “Know You Better”, kami ingin menghadirkan yang terbaik, yang dibutuhkan oleh konsumen. Dari pertama mesin cuci hijab series, jadi memenuhi semua kebutuhan yang selama ini dianggap biasa aja, tapi ketika dipenuhi sangat memanjakan konsumen,” jelas Sapto.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tidak sampai di situ, untuk membuktikan kemampuan research dan development (R&D) yang dimiliki, Aqua Japan terus berinovasi. Ke depan, akan mempersiapkan IoT, tidak dipungkiri, konsumen semakin dekat dengan gadget. Sebelumnya AC sudah mulai, bisa dimatikan via mobile phone. Ke depan, produk seperti itu yang akan dihadirkan. Kedua yang hemat energi, sekarang sudah mulai dengan AC.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif

Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif
INFOBRAND.ID-Di tengah gempuran era digital, merek-merek besar kini beralih ke senjata pemasaran terampuh mereka: media milik (owned media). Dengan ke...


Melirik Perkembangan  Pionir Brand Metaverse di Indonesia

Melirik Perkembangan Pionir Brand Metaverse di Indonesia
INFOBRAND.ID-Konvergensi kehidupan nyata dengan realitas virtual kini tidak hanya sebatas pada dunia game, tapi berbagai sektor lain, termasuk bisnis...


Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022

Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022
INFOBRAND.ID-Hansaplast menyelenggarakan Hansaplast First Aid Conference 2022 yang dihadiri oleh 3.000 peserta secara online dan 500 peserta secara of...


Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng

Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng
INFOBRAND.ID- Belakangan ini, media sosial dihebohkan hadirnya Starbucks kemasan atau ready to drink yang dijual di minimarket. Berkolaborasi dengan P...