Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Memasarkan Produk Melalui Fabebook, Ini Strateginya

Posted by: 1425 viewer

Memasarkan Produk Melalui Fabebook, Ini Strateginya
Facebook/Istimewa

JAKARTA, INFONBRAND.ID - Facebook merupakan media sosial yang memiliki potensi besar bagi brand untuk memasarkan produk yang dimiliki, alasannya simpel Facebook memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak dibanding platform media sosial lainnya.

Nah, kalau kamu mau memasarkan brand kamu melalui Facebook, perhatikan dulu strategi pemasaran ini seperti kami kutip dari Marketing Craft, Selasa (31/8/2021)

1. Target Audiens
Sebelum memasarkan produk, kita harus terlebih dahulu mengetahui target dari audiens yang ingin kita capai. Strategi kampanye pemasaran melalui Facebook yang terencana akan membantu menjangkau audiens secara tepat dengan lebih efisien. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengenal siapa dan karakteristik audiens di Facebook sangat penting dalam merumuskan strategi kampanye pemasaran lewat medium ini. Audiens di Facebook bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu audiens secara umum (semua pengguna aktif Facebook secara global) dan audiens secara khusus di Facebook Page milik brand.

Data dan informasi mengenai audiens Facebook secara umum, baik yang gratis maupun yang berbayar, bisa didapatkan dari berbagai hasil studi atau riset oleh berbagai lembaga.

Data dan informasi audiens Facebook Page milik brand bisa dilihat melalui menu Facebook Page Insights.

2. Aktif dengan Audiens
Seperti platform media sosial lainnya, Facebook juga memiliki fungsi bagi brand untuk membangun jaringan, berdiskusi dengan audiens, dan berbagi konten. Hal paling mendasar dari media sosial yang tidak boleh dilupakan oleh para pemilik brand adalah berkomunikasi dua arah dan terlibat secara aktif dengan para audiens di media sosial.

Kata “sosial” pada istilah “media sosial” merupakan kekuatan dari media satu ini yang tidak dimiliki media konvensional, di mana memang memiliki manfaat untuk saling bersosialisasi .

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh karena itu, Facebook Page yang dimiliki brand perlu digunakan dengan baik dalam hal berkomunikasi dan terlibat secara aktif dengan para audiens secara tepat (misalnya dalam hal gaya bahasa yang dipakai, kecepatan respon dan lain sebagainya ).

Banyak pula hal yang bisa disampaikan melalui media sosial facebook ini seperti, pengetahuian tentang produk atau jasa brand, tren terikini yang menjadi pembicaraan masyarakat, dan lain sebagainya.

3. Manajemen Konten
Produksi dan kurasi konten adalah dua hal penting dalam semua strategi kampanye pemasaran lewat media sosial apa pun. Pada Facebook, ada beberapa pilihan tipe posting yang bisa digunakan, mulai dari stories, status, sampai dengan posting di Group.

Selain itu, jenis konten yang akan diproduksi dan didistribusikan lewat Facebook juga harus diperhatikan dan tepat sesuai kebutuhan audiens dan strategi kampanye pemasaran.

5. Strategi Iklan
Beriklan di Facebook dapat dilakukan untuk menunjang kesuksesan kampanye pemasaran yang dijalankan, sebab algoritma kecerdasan buatan yang diterapkan Facebook untuk posting konten secara organik semakin hari semakin mempersulit konten mendapat audiens yang banyak.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ada dua hal yang penting diperhatikan terkait melakukan kampanye iklan di Facebook yaitu, efektivitas biaya dan relevansi konten iklan. Efektivitas biaya iklan ditentukan berdasarkan pencapaian tujuan kampanye iklan dan pengukuran keberhasilan pencapaian tujuan yang dipakai. 

Selain itu, konten iklan juga harus relevan dengan brand serta tujuan menjalankan kampanye.

Audiens dari kampanye iklan juga bisa ditentukan sesuai target audiens yang ingin disasar oleh brand. Penentuan audiens iklan di Facebook tentunya juga harus sesuai tujuan dari kampanye dan konten yang digunakan. Hal ini bukan berarti bahwa menentukan audiens yang luas harus dihindari oleh marketers.

6. Evaluasi
Bagian terakhir dari strategi kampanye pemasaran lewat Facebook adalah selalu memperhatikan metriks-metriks keberhasilan yang telah ditentukan pada saat menentukan tujuan kampanye pemasaran dan kemudian melakukan analisa atas hasilnya.

Untuk memperoleh data dan informasi tentang nilai dari ukuran keberhasilan pencapaian tujuan, bisa menggunakan fitur gratis dari Facebook Page dan Ads maupun alat berbayar dari pihak ketiga.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...