Membangun Tim PR yang Kompeten dan Adaptif dengan Perkembangan Digital
Posted by: Agus Aryanto | 18-02-2025 15:05 WIB | 580 views

INFOBRAND.ID - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan yang berfokus pada distribusi sepeda motor, terus bertumbuh menjadi perusahaan konsumer otomotif yang menyediakan solusi mobilitas yang lebih luas. Saat ini segmen Bisnis MPMX terdiri atas segmen-segmen usaha yang saling bersinergi, mencakup distribusi dan ritel kendaraan roda dua dengan merek Honda, penjualan suku cadang dan layanan aftermarket sepeda motor, penjualan mobil bekas, penyewaan kendaraan dan jasa pengendara, penyediaan asuransi umum, serta pembiayaan multiguna dengan jaringan luas untuk menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia.
Di tengah dinamika ekonomi dan industri, MPMX berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan. Hingga kuartal III tahun 2024, MPMX menunjukkan performa yang solid dan berkelanjutan, dengan membukukan pendapatan sebesar Rp11,8 triliun, atau tumbuh 13% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (Kinerja FY2024 masih dalam proses audit).
Natalia Lusnita, GM Corporate Communication & Sustainability MPMX mengungkapkan, pertumbuhan ini didorong oleh kinerja yang kuat dari segmen distribusi, ritel, dan asuransi, yang terus berkembang melalui optimalisasi layanan, peningkatan efisiensi operasional, serta inovasi berbasis teknologi digital. MPMX juga terus memperluas jangkauan layanannya dengan strategi yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Transformasi digital yang diterapkan dalam berbagai aspek bisnis semakin memperkuat daya saing perusahaan di industri otomotif.
“Dengan fokus pada keunggulan operasional, kepuasan pelanggan, dan inovasi teknologi dan praktik bisnis yang ramah lingkungan, MPMX berkomitmen untuk tetap berada di garis depan dalam menghadapi perubahan tren dan permintaan pasar,” ujar Natalia.
Dalam lanskap bisnis yang semakin kompetitif, diakui Natalia, perkembangan bisnis MPMX juga tak luput dari aktivitas Public Relations (PR) yang dijalankan. Dikatakan, PR berperan strategis dalam membangun, mempertahankan, dan meningkatkan reputasi perusahaan. Fungsi PR juga mencakup jembatan antara perusahaan dan seluruh pemangku kepentingan, seperti pelanggan, mitra bisnis, dan investor.
Namun, PR bukan hanya tentang komunikasi eksternal, tetapi juga strategi untuk memastikan perusahaan tetap relevan, kompetitif, dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Bagi MPMX, PR adalah bagian integral dari strategi bisnis yang berorientasi pada transparansi, kepercayaan, dan engagement. Melalui komunikasi yang efektif dan terarah, MPMX dapat memperkuat citra positif perusahaan, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta membangun hubungan yang berkelanjutan dengan komunitas dan pasar yang lebih luas. Seberapa baik perusahaan mengelola PR-nya bisa menentukan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.
Di tengah perkembangan teknologi digital, MPMX secara aktif memanfaatkan teknologi digital untuk membangun citra positif perusahaan melalui narasi-narasi yang relevan, inspiratif, dan engaging. Dengan pendekatan ini, MPMX memastikan bahwa setiap komunikasi yang disampaikan dapat mencerminkan nilai-nilai perusahaan dan meningkatkan keterlibatan audiens.
Strategi utama yang diterapkan dalam membangun citra perusahaan dan brand dengan pemanfaatan digital channel meliputi; Menggunakan platform seperti Instagram, LinkedIn, dan Facebook untuk menyajikan narasi positif tentang inovasi, keberlanjutan, serta kontribusi sosial perusahaan secara langsung kepada audiens. Berinteraksi dengan pelanggan melalui komentar, DM, atau menghadirkan konten yang menarik dan relevan, termasuk short video, images, serta activation seperti fun games dan quiz untuk meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan yang lebih dekat. Mengelola reputasi secara aktif dengan menanggapi ulasan atau kritik dengan cepat dan profesional. Membangun website yang profesional dengan konten berkualitas untuk menampilkan visi, misi, dan kegiatan perusahaan. Menyiapkan tim PR yang responsif dalam menangani berita hoaks atau misinformasi yang dapat merugikan citra perusahaan.
“Dengan memanfaatkan teknologi digital secara tepat, perusahaan tidak hanya bisa membangun citra positif, tetapi juga memperkuat eksistensi bisnisnya dalam jangka panjang di tengah persaingan yang semakin ketat,” jelas Natali.
Keberhasilan dalam menjalankan Digital Public Relations (PR) sangat bergantung pada kompetensi dan kesiapan tim PR dalam menghadapi dinamika komunikasi digital. Setiap tahunnya kami memberikan pelatihan kepada Entitas Anak kami dengan mengundang pembicara dengan pengalaman dalam strategi komunikasi dan digital serta pemahaman terhadap tren media sosial dan teknologi dengan demikian mereka terus up-to-date dan meningkatkan keterampilan mereka.
Divisi PR juga membuat pedoman komunikasi digital yang mencakup kebijakan dalam menangani krisis, respons media sosial, dan engagement dengan audiens. Termasuk menyusun SOP dalam manajemen isu dan krisis digital, sehingga tim siap menghadapi berbagai skenario yang berpotensi memengaruhi citra perusahaan. Divisi PR juga berkolaborasi dengan divisi-divisi lainnya seperti marketing, IT, untuk memastikan strategi komunikasi digital selaras dengan tujuan bisnis perusahaan. Mengintegrasikan digital PR dengan kampanye pemasaran agar pesan yang disampaikan konsisten dan memiliki dampak yang lebih besar.
“Dengan membangun tim PR yang kompeten dan selalu beradaptasi dengan perkembangan digital, perusahaan dapat menjalankan Digital PR secara lebih efektif, menjaga reputasi, serta meningkatkan eksistensinya di era digital,” jelas Natali.
Terakhir bagi MPMX, kunci sukses Digital Public Relations tidak hanya bergantung pada platform dan teknologi yang digunakan, tetapi pada strategi komunikasi yang efektif, pada konsistensi dalam membangun narasi positif, adaptasi terhadap tren digital, serta pemanfaatan data. MPMX selalu memastikan bahwa setiap pesan yang disampaikan tidak hanya relevan, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi audiens dan stakeholder, jadi bukan merupakan konten yang sekedar promosi atau jualan melulu.
Selain itu, engagement yang kuat, transparansi, serta respons cepat dalam mengelola reputasi di era digital menjadi faktor penting dalam memperkuat citra perusahaan. Dengan pendekatan yang terarah dan inovatif, Digital PR dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun kepercayaan, memperluas jangkauan komunikasi, dan mendukung eksistensi bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat.(***)
Baca berita lainnya di Google News