Sabtu, 22 Januari 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal

Posted by: 23-04-2020 15:53 WIB 10337 viewer

Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal
Pakar marketing Inventure Consulting Yuswohady

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dampak dari wabah covid-19 secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau new normal pada konsumen setelah krisis berlalu. Artinya, gaya hidup baru inilah yang akan menjadi landasan terbentuknya stay @ home economy.

Hal ini disampaikan oleh pakar marketing Inventure Consulting Yuswohady melalui video conference dengan tema “30 Consumer Behavior Shiftings Amid the Covid-19: Welcome New Normal” pada Senin (20/4) lalu.

Lantas, apa saja perilaku konsumen di new normal seperti yang diprediksi oleh Yuswohady? Berikut ulasannya.

#1. The Fall of Mobility, The Rise of Stay @ Home

Wabah praktis menghentikan mobilitas dan memaksa orang untuk berdiam diri di rumah. “the death of mobility“. Krisis COVID-19 membawa manusia seperti kembali ke zaman purba dimana hidupnya hanya di gua, yaitu rumah. “Welcome stay @ home economy.”

#2. Online-Shopping Widening+Deepening: From Wants to Needs

Pembelian online (online shopping) mulai bergeser dari produk yang sifatnya keinginan (wants) ke produk yang sifatnya adalah kebutuhan (needs). Belanja online konsumen melebar (widening) dari  barang-barang non-esensial ke esensial (daily needs). Dan mendalam (deepening) dimana volume pembeliannya makin besar. 

#3. Food Delivery: From “Indulgence” to “Utility”

Konsumen menghindari eating out dan beralih ke layanan delivery. Selama ini konsumen memanfaatkan layanan delivery untuk jenis makanan “indulgence” yaitu untuk pleasure dan enjoyment (seperti: boba tea, pizza, burger, atau ayam geprek) akan bergeser ke “utility” untuk kebutuhan rutin sehari-hari. Dari pemesanan sesekali (occasional) ke pemesanan berulang (habitual/routine).

#4. The Comeback of Home Cooking

Memiliki waktu cukup luang di rumah selama pandemi memberikan kesempatan bagi milenial mengasah keahlian baru yaitu masak. Dalam Millennials Kill Everything (2019) saya mengatakan milenial “membunuh” home cooking karena emak-emak milenial semakin kehilangan kemampuan memasak. Namun rupanya COVID-19 “menghidupkannya” kembali. 

#5. Frozen Food: Convenience Solution

Emak-emak milenial sudah terlanjur tidak piawai memasak. Walaupun stay @ home menjadi momentum comeback-nya kebiasaan memasak, namun gaya memasak milenial berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka lebih suka memasak yang simple dan convenient. Maka frozen food dan kemasan ready to cook akan menjadi pilihan. 

6. Going Omni

Dengan matangnya online shopping akibat COVID-19, maka brand-brand besar-menengah-kecil mulai hadir dengan platform omni channel-nya sendiri baik via website atau e-commerce dan tentu physical channels. Mereka tak bisa lagi cuma mengandalkan marketplace besar yang sudah ada. Ingat, customer data is the new gold.

#7. Subscription Model Matters

COVID-19 memaksa konsumen membeli dan mengonsumsi secara serba online: Belanja grocery, menikmati film/musik, membeli makanan, bekerja dan belajar, bermain games, bahkan berolahraga dan yoga pun melalui live class secara online. Tak hanya, belanja online itu dilakukan secara rutin tiap hari atau berkala tiap minggunya. Karena kebutuhannya rutin dan terus menerus, model pembelian berlangganan akan lebih cocok dan efisien. Subscription model will matter.

#8. TV Strikes Back

Dalam buku Milenial Kills Everything (2019) kami mengatakan bahwa milenial telah membunuh televisi. Tapi, COVID-19 telah menghidupkannya kembali, khusunya smart TV. TV memiliki keunggulan dasar yang tak mungkin dimiliki smartphone yaitu layar besar yang lebih ramah dilihat. Karena itu memasuki era “the death of mobility” akibat social distancing, TV menemukan momentumnya kembali. 

#9. DIY & Self-Care @ Home

Ketika konsumen sudah terbiasa dengan stay @ home maka mereka mulai mencoba berbagai hal baru yang menyenangkan. Salah satunya melakukan self-care atau peremajaan diri seperti facial, meni-pedi, spa. Maka tren do it yourself (DIY) ini dapat menjadi kenormalan baru dan pembelian produk-produk self-care secara otomatis mengalami kenaikan. 

#10. Zoomable Workplace @ Home

Work from Home memunculkan tren baru “zoomable workplace“ di rumah. Kalau sebelumnya populer istilah “instagramable” maka kini ada istilah tempat kerja di rumah yang “zoomable“. Tren ini dipicu oleh popularitas aplikasi Zoom untuk meeting virtual. Mendekorasi ruang kerja yang eye-catching sebagai background meeting. IKEA atau Informa bakal makin ramai pembeli. Tanpa disadari hal ini telah menjadi kebutuhan self-esteem. 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Sucofindo Gandeng Rumah Sakit Al Islam Untuk Cegah Naiknya Kolesterol Masyarakat di Masa Pandemi

Sucofindo Gandeng Rumah Sakit Al Islam Untuk Cegah Naiknya Kolesterol Masyarakat di Masa Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Sucofindo bersama RS Al Islam Bandung mengadakan Webinar Kesehatan dalam rangka promosi kesehatan bagi karyawan PT SUCOFIND...


Marak Omicron di Indonesia, SoKlin Bagi Tips Kepada Orang Tua Agar Anaknya Aman Dari Virus

Marak Omicron di Indonesia, SoKlin Bagi Tips Kepada Orang Tua Agar Anaknya Aman Dari Virus
JAKARTA, INFOBRAND.ID - SoKlin Antisep, detergen + protection (disinfektan) yang 99,99% efektif membunuh virus Corona produksi Wings Care, kembali had...


Dukung Program Vaksinasi Merdeka, Gojek Berikan Transportasi Gratis bagi Ribuan Relawan

Dukung Program Vaksinasi Merdeka, Gojek Berikan Transportasi Gratis bagi Ribuan Relawan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gojek kembali melanjutkan dukungannya untuk program Vaksinasi Merdeka, inisiatif dari Polda Metro Jaya, yang di awal tahun 202...


Nestle MILO Bagikan Beasiswa Pendidikan bagi MILO Activ Academy All Stars

Nestle MILO Bagikan Beasiswa Pendidikan bagi MILO Activ Academy All Stars
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hari ini Nestle MILO mengumumkan 10 anak yang menjadi MILO ACTIV Academy All Stars melalui MILO GraduACTIV, yang merupakan pro...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index