Selasa, 23 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Menengok Cara Daur Ulang Botol Aqua di Lombok

Posted by: 2020 viewer

Menengok Cara Daur Ulang Botol Aqua di Lombok
ilustrasi

Danone Indonesia memperlihatkan cara mendaur ulang sampah botol plastik, Aqua. Prosesnya sendiri terjadi di Lombok PET, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam kunjungan ke sana bersama awak media pada Kamis (9/2/2023), Karyanto Wibowo selaku Sustainable Development Director Danone Indonesia mengungkap bahwa proses daur ulang ini diharapkan bisa menjaga lingkungan lebih baik.

“Kita berusaha menjaga lingkungan. Salah satu upaya kami adalah mengelola sampah kemasan kami,” kata Karyanto Wibowo.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Dengan mengumpulkan kemasan-kemasan itu, untuk kemudian dipakai lagi sebagai bahan baku produk Aqua. Produk Danone memang sudah mengandung daur ulang,” imbuhnya.

Yung Merta Yasa selaku Pengelola Lombok PET turut menambahkan. Dia menyebut ada standar khusus sampah plastik yang bisa didaur ulang oleh Danone.

“Tidak sembarang plastik yang didaur ulang. Karena kita ada standar. Kalau seperti ini (ada banyak kotoran di botolnya) ini termasuk sampah dan dikembalikan ke pengepul. Soalnya standarnya Danone cukup ketat,” ucap Yung Merta Yasa.

“Di sini kita ada penimbangan menggunakan sistem manual. Saat pertama kali datang sampahnya, pertama ditimbang. Setelahnya mulai ada pemisahan. Mana yang standarnya Danone, kualitasnya. Lalu kita sortir,” bebernya.

“Karena kita bekerja dengan banyak pemulung kita harus memberikan tanda yang mana barang tidak termasuk kategori. Setelahnya dicek ulang untuk pemisahan mana yang digiling, mana yang dipres. Jadi seperti itu prosesnya. Sangat sederhana cuma tiga step,” imbuhnya lagi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Proses akhir setelah penyortiran sampah memang dibagi menjadi dua yakni dipres dan digiling.

“Karena di sini kapasitasnya sekitar 100 ton sebulan. Jadi kapasistas yang digiling itu 60 ton, 40 ton itu dipres,” jelas Yung Merta Yasa.

Saat masuk proses penggilingan pun harus melewati pencucian berkali-kali.

“Barang yang terpilih digiling di sini. Begitu digiling, kita cuci berkali-kali sampai menemukan standar yang diinginkan. Jadi cuma tiga step, ditimbang, disortir, digiling, dicuci, dipacking,” jelasnya.

Sedangkan untuk bagian pres jauh lebih mudah.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Yang dipres lebih gampang. Begitu selesai dipres kita packing, kita jual,” ucap Yung Merta Yasa.

Barulah setelah itu semua, sampah botol kemasan yang telah disortir sedemikian rupa dikirim ke pabrik Danone di Bandung dan Pasuruan sebagai bahan baku pembuatan botol baru.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...


Bangun Rumah Lebih cepat, SIG Hadirkan Inovasi Bata Interlock

Bangun Rumah Lebih cepat, SIG Hadirkan Inovasi Bata Interlock
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak usahanya PT Semen Padang menghadirkan inovasi produk bata interlock untuk...