Rabu, 26 Maret 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Menggunakan Media Sosial untuk Memerkuat Citra Perusahaan

Posted by: Benny S. | 12-02-2025 15:05 WIB | 701 views

Menggunakan Media Sosial untuk Memerkuat Citra Perusahaan Penyerahan penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2025 kepada Darya-Varia Laboratoria/INFOBRAND.ID

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, genap berusia 49 tahun pada 5 Februari tahun ini. Sejak go publik pada tahun 1994 lalu, Perusahaan terus melesat menjadi perusahaan farmasi terintegrasi yang memproduksi obat-obatan, hingga produk consumer health seperti vitamin, suplemen kesehatan, obat herbal, hingga skin care.

Widya Olivia Tobing, Legal and Corporate Affairs Division Head, Corporate Secretary PT Darya-Varia Laboratoria Tbk mengungkapkan, perkembangan bisnis emiten dengan logo DVLA didorong oleh semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk Darya-Varia, yang berkualitas, efektif, dan inovatif. Beberapa produk yang menjadi pilihan konsumen diantaranya Enervon C, Natur E, Vicee, Decolgen, Diatabs, Imunped, dan Herbablend (produk herbal). 

Produk Natur-E telah menjadi ikon di segmen nutrisi kesehatan kulit, permintaan dan penjualannya pun naik signifikan di tahun 2024. Produk ini menarik perhatian terutama di kalangan wanita yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulit mereka. Permintaan untuk Natur-E terus meningkat, seiring dengan tren gaya hidup sehat dan kecantikan alami. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Diakui permintaan terhadap produk-produk vitamin & suplemen kesehatan Perusahaan sempat menurun setelah pandemi, namun naik lagi sejak semester 2 tahun 2024 seiring kembalinya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Tren gaya hidup sehat yang berfokus pada pencegahan daripada pengobatan turut menjadi faktor pendorong permintaan produk ini. 

“Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perawatan kulit dari dalam, dan juga penyesuaian formulasi produk untuk berbagai kebutuhan (usia, jenis kulit). Selain itu, Distribusi yang merata sampai ke secondary cities dan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk kami turut mempengaruhi permintaan produk-produk kami,” jelas Widya. 

Dalam pengembangan produk, Perusahaan terus melakukan inovasi dan kolaborasi. Seperti di tahun 2024, Daria-Varia menandatangani MOU dengan salah satu produsen alat kesehatan terkemuka yang bertujuan untuk mengembangkan dan memproduksi  alat kesehatan lokal, memperkuat posisi Perusahaan di industri kesehatan Indonesia. Untuk label halal sendiri, Perusahaan telah mendapatkannya untuk seluruh produk yang diproduksinya, sejak tahun 2019. 

Eksistensi Perusahaan juga tak luput dari aktivitas Public Relations (PR) yang dijalankan, termasuk melalui berbagai platform digital. Bagi Perusahaan, di era informasi yang berkembang pesat, citra dan reputasi perusahaan menjadi faktor utama dalam memenangkan kepercayaan masyarakat. Karena itu melalui strategi komunikasi yang efektif, PR membantu memperkuat brand awareness, melalui program edukasi, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, serta merespons dinamika pasar dengan tepat. 

“Bagi kami PR juga berperan dalam mengelola krisis, menjaga kredibilitas perusahaan, dan memperkuat loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis,” jalas Widya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam aktivitas Digital PR, saat ini perusahaan melakukan optimasi Media Sosial dengan menggunakan platform digital seperti Instagram, LinkedIn, dan YouTube untuk membangun engagement dengan publik dan menjadi pusat informasi terpercaya tentang Perusahaan, produk dan edukasi kesehatan. Sementara itu, website Perusahaan terus turut serta berperan membangn reputasi Perusahaan. 

Darya-Varia mulai memanfaatkan platform digital sejak 2014 dimana Corporate Website pertama kali diluncurkan. Tahun 2022 corporate instagram diluncurkan, dan terus dilanjutkan dengan memanfaatkan sosial media lainnya yaitu LinkedIn dan Youtube untuk aktivitas Public Relations secara intensif, seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku audiens yang lebih aktif di ranah digital.

Lebih lanjut Widya menjelaskan, Darya-Varia menggunakan media sosial untuk memperkuat citra perusahaan melalui tiga pilar utama; DVL Success – Menyampaikan penghargaan dan pengakuan yang diraih perusahaan untuk menunjukkan kredibilitas dan keunggulan Darya-Varia di industri kesehatan. DVL People – Menampilkan kehidupan internal perusahaan, budaya kerja, serta kegiatan karyawan yang menarik bagi publik dan calon talenta. DVL Updates – Membagikan informasi terbaru tentang kegiatan perusahaan, termasuk program CSR dan inisiatif yang berdampak bagi masyarakat.

“Melalui strategi ini, Darya-Varia membangun engagement yang kuat, meningkatkan kepercayaan publik, dan memperkuat reputasi sebagai perusahaan farmasi yang berkontribusi bagi kesehatan masyarakat,” jelas Widya. 

Diakui, keberhasilan dalam menjalankan Digital PR tentu juga tidak lepas dari peran divisi PR. Untuk membangunnya, PR Darya-Varia mengikuti pelatihan/seminar/webinar tentang tren digital serta strategi komunikasi. Selain itu, tim PR bekerja sama dengan divisi terkait seperti marketing dan IT untuk memastikan strategi digital berjalan efektif dan terintegrasi dengan baik dalam berbagai kanal komunikasi Perusahaan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Perusahaan juga memanfaatkan digital monitoring tools untuk menganalisis tren, mengukur efektivitas kampanye, dan mengelola reputasi secara real-time. Evaluasi rutin dilakukan agar strategi PR tetap relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan audiens. Dengan pendekatan ini, tim PR Darya-Varia dapat menjalankan komunikasi digital yang optimal, memperkuat citra perusahaan, dan mendukung keberlanjutan bisnis. 

“Terakhir bagi kami, kunci sukses Digital PR terletak pada adaptasi, inovasi, dan metrik yang efektif dalam era digital. Di era akselerasi teknologi, PR harus responsif dan berbasis data untuk membangun kepercayaan serta memperkuat reputasi. Dengan strategi yang tepat, PR berperan penting dalam menjaga dan mengembangkan kinerja perusahaan, terutama menghadapi tantangan dan persaingan bisnis di Indonesia,” tutup Widya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!