Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengintegrasikan Perspektif Sosial ke Dalam Kerangka Kerja Kompetitif

Posted by: 1546 viewer

Mengintegrasikan Perspektif Sosial ke Dalam Kerangka Kerja Kompetitif
Panji Nurdiyan Syah, Editor in Chief Infobrand.id, menyampaikan sambutan dalam Webinar CSR to CSV dan ajang penghargaan Top CSV Award 2021.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bagi pelaku usaha terutama perusahaan atau bidang industri, tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sudah tidak asing ditelinga. CSR merupakan program tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat luas agar mampu menambahkan nilai kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

Namun, seiring perkembangan zaman, menumbuhkan rasa kepercayaan pun tidak hanya dari masyarakat saja. Semua pihak pun perlu mengetahuinya. Hal tersebut yang menjadikan konsep Creating Shared Value (CSV) dikenalkan, sebagai penyempurna program CSR agar menghasilkan impact yang lebih nyata dan berkelanjutan.

Perbedaan utama dari CSV dari CSR adalah, CSV menawarkan kerangka holistik untuk menyatukan sebagian besar perdebatan atas CSR, strategi non pasar, kewirausahaan sosial dan inovasi sosial. Sehingga, CSV merupakan strategi penting dalam bisnis untuk mendapatkan keuntungan kompetitif melalui kegiatan masyarakat yang dapat menciptakan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam hal ini, Perusahaan harus mengintegrasikan perspektif sosial ke dalam kerangka kerja yang kompetitif dalam mengembangkan strategi bisnis, seperti tantangan globalisasi, lingkungan, dan perubahan sosial merupakan peluang untuk menciptakan inovasi. Selain itu, bisnis perusahaan tidak dapat berkelanjutan hanya dengan menghadirkan inovasi, namun perusahaan juga harus bergantung dengan tempat dimana perusahaan tersebut berada, seperti supplier, penyedia jasa, dan lokasi guna mengembangkan program CSV tersebut.

Perkembangan perusahaan dapat dicapai dalam hubungan kerjasama dengan pemasok dan lembaga lokal, sehingga berkurangnya biaya untuk bisnis dari meningkatnya keamanan rantai pasok atau pendapatan dari jaminan lisensi untuk beroperasi dan berkembang. Dengan demikian, memperbaiki lingkungan eksternal bagi perusahaan melalui investasi masyarakat dan memperkuat pemasok lokal, institusi lokal, dan infrastruktur lokal.

Untuk itu, kemi menganggap Webinar Nasional ini penting untuk dilaksanakan, untuk mengenalkan konsep dan manfaat CSV secara lebih luas. Dengan demikian, akan semakin banyak perusahaan yang menjalankan CSV, sehingga impact yang diterima oleh masyarakat juga semakin luas.

Dalam kesempatan ini, kami juga memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan CSV untuk mendapatkan penghargaan Top CSV Award 2021. Dimana penghargaan ini diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “Creating Share Value”.

Top CSV Award yang pertama kali kami selenggarakan ini berkat kerja sama INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga.

IKLAN INFOBRAND.ID

Penghargaan juga diberikan kepada mereka yang terbukti tidak hanya mensukseskan diri sebagai perusahaan saja, namun dengan tujuan yang jelas serta dampak positif yang bisa dirasakan masyarakat dengan berbagai program CSV gagasan mereka.

Diharapkan dengan adanya program CSV ini, bisa memberantas kemiskinan yang dirasakan masyarakat menengah ke bawah dan melestarikan lingkungan hidup serta tidak lagi adanya kesenjangan sosial serta perbedaan berlebih lagi antara perusahaan dan para stakeholder terkait, 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...