Senin, 04 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengintip 7 Rahasia Ayam Keprabon Express Miliki 60 Cabang Dalam 6 Tahun

Posted by: 6200 viewer

Mengintip 7 Rahasia Ayam Keprabon Express Miliki 60 Cabang Dalam 6 Tahun
Outlet Ayam Keprabon.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis makanan dan minuman (mamin) di Indonesia diramaikan dengan berbagai pendatang baru dari dalam dan luar negeri. Di tengah pesatnya pertumbuhan industri mamin, beberapa nama lokal tumbuh dan sukses berekspansi hingga memiliki ratusan karyawan dan cabang.

Berbagai cara dilakukan untuk memikat pasar, mulai dari kerja sama dengan influencer terkenal, hingga secara cerdas memaksimalkan kampanye-kampanye tanggal cantik seperti 6.6, 12.12 yang dilakukan layanan pembayaran digital.

Salah satu pemain lokal yang sukses menggebrak adalah Ayam Keprabon. Gerai makanan yang terkenal dengan varian ayam geprek yang menggugah selera ini berkembang pesat dari hanya memiliki satu outlet di kota asalnya Solo, hingga kini memiliki 600 karyawan dan 60 gerai waralaba dengan nama Ayam Keprabon Express.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di tengah kesibukannya mempersiapkan partisipasi Ayam Keprabon Express dalam kampanye tanggal cantik 6.6 ShopeePay Mid Year Deals, Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express, membagikan 7 tips dan rahasia Ayam Keprabon Express sukses menjadi perusahaan mamin lokal yang berkembang di Indonesia. Berikut rahasianya:

  1. Mengalami 10 kali kegagalan

Ayam Keprabon Express bukanlah bisnis pertama Renny dan suami. Gemar berdagang sedari dulu, peruntungan bisnis di berbagai bidang sudah pernah dicoba. Jika dihitung, setiap dari 10 jari tangan bisa mewakili kegagalan demi kegagalan dalam berbisnis. Mulai dari berjualan kerupuk di pinggiran jalan Bandung, usaha retail, hingga menjadi agen asuransi pernah dilakoni Renny dengan hasil yang kurang menggembirakan. Meski berkali-kali gagal, kunci keberhasilan Renny dan suami ada pada kegigihan dan keberanian untuk selalu memulai lagi dari nol setelah suatu kegagalan.

  1. “Alon-alon asal kelakon”

Ketika banyak pemain lain di industri mamin fokus untuk segera membuka cabang sebanyak mungkin sekaligus, Renny dan suami memilih aliran berbeda. Ia lebih memilih memulai perlahan sehingga memiliki waktu lebih untuk membentuk fondasi bisnis yang matang. Renny mengambil waktu kurang lebih satu tahun, untuk mempersiapkan jalur distribusi, standar bahan baku, standar karyawan dan lain-lain sebelum membuka waralaba Ayam Keprabon Express. Alon-alon asal kelakon, alias pelan-pelan saja asal berhasil, menjadi motto yang Renny dan suami percaya.

  1. Fokus, lurus dan jalan terus

Sebagai industri yang dinamis, pemain baru silih berganti menawarkan berbagai produk. Beberapa pemain lama juga mendiversifikasi bisnis dengan membuka perusahaan dengan varian makanan berbeda dari kakaknya. Berbeda dengan tren tersebut, Renny dan suami lebih memilih untuk fokus berinovasi pada bisnis Ayam Keprabon yang dirintisnya. Fokus tersebut membuat Ayam Keprabon mahir dalam menciptakan inovasi. Salah satu inovasi yang dibuat Ayam Keprabon adalah menu Sushi Geprek yang sukses viral dan menggebrak media sosial di periode akhir 2020 lalu.

  1. Buka peluang untuk kolaborasi dengan siapapun

Beberapa perusahaan yang telah besar biasanya enggan bekerja sama dengan perusahaan pendatang baru. Berbeda dengan hal tersebut, Renny menekankan bahwa Ayam Keprabon selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan siapapun, asalkan bisa memberikan keuntungan atau kemudahan untuk konsumen. Hal tersebut yang mendasari bergabungnya Ayam Keprabon Express sebagai merchant ShopeePay di awal kemunculan layanan pembayaran tersebut pada awal tahun 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Jangan puas ketika sudah go-digital

Banyak bisnis mamin yang puas ketika sudah go-digital dan bergabung menjadi mitra layanan pesan antar makanan dan layanan pembayaran digital. Padahal di luar sana, kompetitor pun melakukan hal serupa. Renny dan timnya mengambil satu langkah lebih maju dengan memaksimalkan kampanye yang dilakukan layanan pembayaran digital. Sebagai contoh, Ayam Keprabon Express saat ini berpartisipasi dalam kampanye tanggal cantik 6.6 ShopeePay Mid Year Deals. Pada kampanye tersebut, pengguna bisa mendapatkan produk Ayam Keprabon Express dan produk dari ratusan merchant lainnya dengan lebih hemat berkat adanya tawaran cashback 100%.

  1. Memanusiakan manusia

Bagi Renny, aset terbesar Ayam Keprabon Express justru ada pada sumber daya manusia sebagai penggerak bisnis. Untuk memupuk loyalitas dan relasi yang panjang, Renny dan suami berpegang pada satu prinsip, yaitu memanusiakan manusia. Berbagai tradisi dan aktivitas untuk karyawan dilakukan di Ayam Keprabon Express. Tradisi perayaan ulang tahun, momen melahirkan, hingga liburan tahunan tak pernah dilewatkan sebagai bentuk apresiasi terhadap kesejahteraan karyawan.

  1. Amati, Tiru, Modifikasi

Lahir dengan nama Ayam Keprabon, ide bisnis mulanya terinspirasi ketika Renny dan suami mendatangi sebuah tempat makanan ayam geprek di Yogyakarta. Tempatnya sangat sederhana, sayang sekali padahal bisa dimaksimalkan. Dari situ Renny dan suami akhirnya memiliki ide untuk mengangkat menu ayam geprek dalam konsep yang lebih mapan. Setelah melalui berbagai persiapan, lahirlah Ayam Keprabon yang namanya terinspirasi dari lokasi gerai pertama Ayam Keprabon di Jl. Teuku Umar No. 30, Solo. Daerah tersebut juga dikenal sebagai daerah Keprabon.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Selimut menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika kita tidur, utamanya saat udara dingin, selimut yang lembut ten...


Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian

Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash, sabun cuci tangan yang diformulasikan dengan antibakteri untuk melindungi tangan dari...


Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger

Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  Bagi sebagian orang, kegiatan riding sudah jadi bagian dari gaya hidup bukan? Mengendarai motor kesayangan melewati jala...


Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya

Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelesiran atau traveling biasnya dilakukan ke gunung, pantai, atau tempat wisata alam lainnya. Namun, selalu ada aja kondisi y...