Ahad, 26 Januari 2025

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengintip Eksistensi Merek-Merek Lokal di Ajang Fashion Internasional

Posted by: 2072 viewer

Mengintip Eksistensi Merek-Merek Lokal di Ajang Fashion Internasional
ilustrasi

INFOBRAND.ID-Saat ini, banyak brand fashion lokal yang mulai menggandeng pemerintah, sesama pelaku usaha, hingga e-commerce lokal dalam memamerkan kreasinya untuk tampil di ajang fashion bertaraf internasional, seperti Fashion Week. Inisiatif itu dilakukan sebagai bentuk upaya mereka dalam memperluas pangsa pasar hingga ke mancanegara.

Hasilnya, brand-brand lokal yang kini semakin menunjukkan eksistensinya pun kian beragam. Mulai dari brand yang fokus pada produk pakaian, kecantikan, hingga yang khusus menghadirkan produk aksesoris lainnya.

Diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja, TPT (Industri Tekstil dan Produk Tekstil) kini semakin membaik, ditunjukkan dengan semakin membaiknya utilisasi pada seluruh sektor dari hulu hingga hilir. Saat ini, utilisasi mencapai 62,54% pada industri tekstil dan 79,09% pada industri pakaian jadi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Di tengah pandemi Covid-19, sektor pakaian jadi dapat pulih dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan sektor TPT lainnya. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan minat terhadap fesyen di berbagai negara di dunia. Hal ini jadi peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia," urai Jemmy.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Kriya, Desain, dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Yuke Sri Rahayu, juga menyampaikan bahwa ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia berpotensi menyumbang hingga 20 persen terhadap ekonomi kreatif global, dimana fashion, kuliner, dan kriya menjadi penyumbang terbesar.

Baru-baru ini, sejumlah brand di Tanah Air kembali menjadi sorotan setelah menjadi peserta perhelatan fashion kelas dunia, Fashion Week, yang digelar di New York, Paris, dan London.

Melalui perhelatan tersebut salah satu eCommerce asal Indonesia, Tokopedia, turut memberikan dukungannya. Produk yang diperkenalkan oleh brand-brand Tanah Air tersebut nantinya akan dijual secara eksklusif di platform Tokopedia.

“Tokopedia terus berkomitmen untuk membantu pegiat usaha di Indonesia memulai dan membangun bisnis lewat kanal digital agar bisa terus maju dan berkembang bahkan setara dengan brand kelas dunia. Melalui seluruh ajang ini, Tokopedia berharap bisa terus mendukung para pegiat usaha lokal untuk menciptakan peluang, sekaligus memajukan ekonomi kreatif bangsa," ungkap Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu merek yang sempat terpilih untuk memamerkan dan menjual koleksi mereka di Paris Fashion Week 2022 adalah Jewel Rocks.

Tahun ini, di Paris Fashion Week 2023, Jewel Rocks kembali hadir menjadi salah satu dari lima brand lokal yang mendapatkan undangan dari L'Adresse Paris Agency.

Brand lain yang meramaikan ajang internasional adalah Heaven Lights yang mengikuti acara New York Fashion Week 2023, Erigo yang menghadiri New York Fashion Week 2023, serta Wearing Klamby yang menghadiri London Fashion Week 2023.

Sama halnya dengan Jewel Rocks, By Lizzie Parra atau yang lebih populer kita kenal dengan BLP Beauty yang merupakan brand kecantikan asal Indonesia pun turut menghadiri Paris Fashion Week 2023.

"Ketika mendapat kabar dari Tokopedia mengenai kesempatan ini tentunya kami merasa bangga dan excited. Melalui acara ini, kami berharap bisa memperkenalkan produk BLP yang berkualitas tinggi ke pasar internasional dan industri kosmetik Indonesia bisa berkembang bukan hanya di dalam negeri tapi juga di negara lain. Kalau Korea bisa punya K-Beauty, Indo-Beauty juga punya potensi untuk bisa mendunia,“ ujar Monica Christasia, CEO BLP.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada eksibisi yang berlangsung mulai dari 30 September hingga 3 Oktober 2022 ini, BLP juga menjadi perwakilan beauty brand lokal pertama dari Indonesia yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency untuk menampilkan koleksinya bersama dengan brand lain dari kawasan Asia Tenggara.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Sukses Gelar Promo Berbagi Hadiah, Gokana Hadirkan Menu Baru “Sushi Matsuri”

Sukses Gelar Promo Berbagi Hadiah, Gokana Hadirkan Menu Baru “Sushi Matsuri”
INFOBRAND.ID - Pada tahun 2024, Gokana merayakan ulang tahunnya yang ke-20 dengan bagi-bagi hadiah kepada para konsumen setianya dengan program prom...


Potensi Bisnis Digikidz di Indonesia: Peluang Emas bagi Para Mitra

Potensi Bisnis Digikidz di Indonesia: Peluang Emas bagi Para Mitra
INFOBRAND.ID – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan berbasis digital, Digikidz Indonesia, yang dikenal sebaga...


Satu Dekade, Sociolla Gelar Rangkaian Kegiatan yang Manjakan Customer

Satu Dekade, Sociolla Gelar Rangkaian Kegiatan yang Manjakan Customer
INFOBRAND.ID-Memasuki satu dekade (10 tahun) kehadirannya di Indonesia, Sociolla menggelar rangkaian program bertajuk “Celebrate All The Pretty...


Toshiba Hadirkan Mesin Cuci Front Loading Berteknologi Ultra Fine Bubble

Toshiba Hadirkan Mesin Cuci Front Loading Berteknologi Ultra Fine Bubble
INFOBRAND.ID-Awal tahun ini, Toshiba Indonesia memperkenalkan produk inovatif terbarunya dalam lini peralatan rumah tangga, yakni Mesin Cuci Front Loa...