Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengintip Kekayaan Pemegang Saham Adaro Energy

Posted by: 907 viewer

Mengintip Kekayaan Pemegang Saham Adaro Energy
ilustrasi Gdung Adaro Energy

INFOBRAND.ID-Konglomerat Garibaldi 'Boy' Thohir yang juga merupakan seorang kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir merupakan penisnis ulung. Meski bisnisnya menggurita di berbagai sektor, namun kekayaannya paling banyak disumbang dari sektor batu bara yang tumbuh subur di tahun 2022.

Boy Thohir tercatat sebagai pemegang saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang juga turun langsung memimpin perusahaan sebagai Presiden Direktur. Kepemilikan saham Boy Thohir di ADRO mencapai 1.976.632.710 lembar atau setara dengan 6,18% dari total saham perusahaan tersebut. Ini baru yang tercatat menggunakan namanya secara langsung.

Sektor batu bara memang sedang naik daun di tahun 2022 apalagi harga komoditasnya sempat tembus All Time High (ATH) akibat adanya krisis energi di Eropa. Kenaikan harga batu bara menjadi katalis positif untuk harga saham emitennya tak terkecuali ADRO. Di sepanjang tahun 2022, harga saham ADRO tercatat mengalami kenaikan sebesar 68,69%.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Masih fokus aja kita. Yang pertama Adaro Energy tetep fikua eksekusi produksi batu baranya. Karena kebetulan harga masih bagus. Demand masih oke," ujarnya.

Kinerja keuangan ADRO yang melesat sepanjang 2022 membuatnya siap membagikan dividen interim senilai US$ 500 juta atau setara dengan Rp 7,8 triliun. Itu artinya, jika Boy Thohir menggenggam 6,18% saham ADRO sejak awal tahun, maka kekayaannya sudah bertambah Rp 2,8 triliun dan kini menjadi Rp 7,5 triliun.

Itu artinya, apabila ditambah dengan dividen yang akan dibagikan oleh ADRO, kekayaan Boy Thohir akan bertambah sekitar Rp 480 miliar sebelum dikurangi pajak. Sehingga secara kotor Boy dapat mengantongi uang sebesar Rp 3,3 triliun dari ADRO saja di tahun 2022.

Apalagi, Adaro juga telah menggandeng PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) melalui entitas anaknya, Adaro Minerals. Adaro Energy untuk menggarap ke bisnis aluminium. Nantinya, mereka akan masuk ke bauksit, nikel, tembaga dan lainnya.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...