Rabu, 24 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Menjadi Brand Champion di Hati Konsumen

Posted by: 4072 viewer

Menjadi Brand Champion di Hati Konsumen
Sumber : Istimewa

Brand yang sukses adalah brand yang memiliki tingkat popularitas tinggi, penjualan produk tinggi dan review yang baik dari konsumen dibandingkan kompetitor. Berangkat dari hal tersebut, pelaku brand Indonesia dapat mendorong produknya masuk di level peringkat tiga teratas di kategorinya dengan tiga tolak ukur di atas.

Pertanyaan yang timbul, bagaimana menentukan langkah-langkah yang tepat itu agar mendulang kesuksesan yang diinginkan. Jawabannya sederhana. Antara lain, brand yang sukses berarti memiliki kemampuan mapping kompetisi. Selanjutnya, memiliki strategi yang detail serta dieksekusi secara maksimal. Terakhir mereviewnya, catatannya ketika pelaku brand membuat tahapan tersebut maka harus dipastikan dapat tepat sasaran.

Langkah penting selanjutnya adalah memiliki kemampuan dalam menjalankan dan mempertahankan ekosistem bisnisnya. Dalam dialek Inggris, kemampuan berkesinambungan bisnis lebih jamak disebut sustainability. Disisi lain, semua tahapan itu tentu tergantung pada produknya. Sehingga inovasi menjadi salah satu kunci sustainability suatu brand.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebab ketika konsumen membeli suatu produk tidak ada suatu updating, kreatifitas atau inovasi maka konsumen akan berada pada tahap jenuh. Seketika, saat kompetitor mengeluarkan inovasi yang lebih menarik dengan kualitas baik dan harga yang tepat, maka konsumen dengan mudahnya pindah. Sehingga penting mempertahankan brand kita di hati masyarakat. Hal inilah yang juga dilakukan oleh brand-brand established, mereka akan continue melakukan inovasi. Upaya tersebut mereka lakukan dalam rangka menjaga pasar dan menumbuhkan pasar.

Hal yang menjadi menarik, ketika brand kita merupakan pemain baru di sebuah kategori. Tantangannya tentu akan ada banyak kompetitor. Tahapan yang bisa dilakukan, pertama adalah mengukur kemampuan. Jika dinilai sulit memenangkan persaingan, sudah pasti langkah yang diambil adalah membuat new category atau new innovation yang belum dilakukan oleh kompetitor sebelumnya. Hal inilah yang dapat memungkinkan pelaku brand memenangkan persaingan di tiga teratas.

Jika dinilai semua upaya menjadi brand champion telah optimal. Maka dalam menyongsong tahun 2020, saya mengajak para pelaku brand melakukan review sepanjang 2019. Atau dalam satu tahun terakhir melakukan program apa dan hasilnya apa? Biasanya program di 2020 tidak jauh berbeda dari tahun 2019, katakanlah 70% melanjutkan program di 2019 adapun 30% sebagai upaya improvement program untuk pengembangan pasar yang lebih luas.

Akhir kata, Saya ucapkan selamat kepada para pelaku brand yang telah sukses menjajaki era digital. Bahkan apresiasi juga bagi brand yang telah menjajaki pasar ASEAN atau global untuk membuka pasarpasar baru.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Tri Raharjo

Chairman TRAS N CO INDONESIA & Indonesia Brand Network (IBN)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...