Selasa, 19 Oktober 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Menteri Johnny: Kominfo Putus Akses 4.873 Konten Fintech Ilegal

Posted by: 13-10-2021 16:22 WIB 115 viewer

Menteri Johnny: Kominfo Putus Akses 4.873 Konten Fintech Ilegal
Menkominfo Johnny G. Plate (Dok. Menkominfo)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus meningkatkan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bank Indonesia serta mitra kementerian dan lembaga dalam membersihkan dunia digital Indonesia dari keberadaan financial technology yang tidak berizin atau ilegal.

“Sejak tahun 2018 hingga 10 Oktober 2021 telah dilakukan pemutusan akses terhadap 4.873 konten fintech online yang melanggar peraturan perundang-undangan dan tersebar di berbagai platform,” jelasnya dalam OJK Virtual Innovation Day 2021 secara virtual dari Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Menurut Menteri Johnny, pemerintah dan para mitra kerja tidak akan memberikan ruang bagi setiap konten fintech yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita sama-sama punya tugas untuk tidak memberikan ruang kepada konten-konten ilegal atau konten-konten yang tidak sejalan dengan aturan-aturan perundang-perundangan. Agar ruang digital kita menjadi lebih bermanfaat bagi kepentingan masyarakat kita, dan digunakan secara maksimal untuk kemajuan perekonomian kita,” jelasnya.

Adapun 4.873 konten fintech online tersebut tersebar di berbagai platform seperti website, marketplace, aplikasi, media sosial dan layanan file sharing. Menkominfo berharap, penegakan hukum atas maraknya konten ilegal dapat mendorong penggunaan platform digital yang semakin bermanfaat.

“Kita harapkan penegakan hukum ruang digital seperti ini akan mendorong fintech dimanfaatkan secara baik, digunakan demi kemaslahatan dan pembangunan ekonomi serta keuangan nasional kita,” ujarnya.

Lebih dari itu, Kementerian Kominfo terus mengajak Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan masyarakat untuk melakukan langkah antisipatif pengembangan teknologi. Hal itu untuk mencegah kebocoran data dan memperkuat firewall untuk menangkal serangan siber serta menyiapkan infrastruktur digital.

“Pemanfaatan infrastruktur digital untuk beragam transaksi digital dilakukan untuk mendukung keuangan digital yang aman,” tandas Menteri Johnny.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Asik, BI Teruskan DP 0 Persen Kendaraan Bermotor Hingga Desember 2022

Asik, BI Teruskan DP 0 Persen Kendaraan Bermotor Hingga Desember 2022
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bank Indonesia memperpanjang kebijakan pelonggaran ketentuan uang muka alias Down Payment (DP) kredit kendaraan bermotor menja...


Jutaan Produk Halal Asal Indonesia Siap Diekspor ke Mancanegara

Jutaan Produk Halal Asal Indonesia Siap Diekspor ke Mancanegara
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Direktur Utama Halal Network International (HNI) Agung Yulianto mengatakan jutaan produk halal asli Indonesia siap diekspor ke...


BSI: Teknologi QRIS Dorong Inklusi Keuangan

BSI: Teknologi QRIS Dorong Inklusi Keuangan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyatakan pihaknya aktif mendorong inklusi keuangan melalui digitalisasi yang salah satun...


UKM Binaan ECP Kemendag Kembali Tembus Pasar Ekspor!

UKM Binaan ECP Kemendag Kembali Tembus Pasar Ekspor!
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Perdagangan melalui program pendampingan ekspor 2021 kembali berhasil mencetak pelaku usaha berorientasi eksp...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index