Selasa, 27 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Mondelez Terus Fokuskan Diri Guna Bantu UMKM Kuliner

Posted by: 1246 viewer

Mondelez Terus Fokuskan Diri Guna Bantu UMKM Kuliner
Dok. Mondelez

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sektor Kuliner menjadi salah satu sektor yang ikut terdampak pandemi, tanpa terkecuali. Padahal, usaha kuliner merupakan salah satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang berkontribusi cukup signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), yakni 41% dari keseluruhan sektor ekonomi kreatif.

Guna mendukung bisnis UMKM, Mondelez Indonesia menggelar inisiatif #DukungUMKMKuliner. Inisiatif ini didukung juga oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Go Food, Sahabat UMKM, dan Natural Cooking Club.

Diungkapkan Prashant Peres, President Director Mondelez Indonesia, pada konferensi pers yang digelar hari ini (2/9) secara virtual, “Hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner ini merupakan salah satu tanggung jawab sosial #MondelezUntukIndonesia, untuk membagikan pengetahuan terkait tren kekinian dunia kuliner, terutama camilan dan dessert, kepada para pelaku bisnis kuliner UMKM sebagai salah satu stakeholder terpenting kami. Dengan demikian, pengetahuan ini dapat mereka manfaatkan untuk meningkatkan bisnis.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam rangkaian inisiatif #dukungUMKMKuliner, Mondelez akan menggelar program pelatihan dalam bentuk virtual pada 5 September 2021 mendatang. Workshop kali ini mengusung tema “Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian”.

Berbagai materi akan diberikan selama pelatihan tersebut, mulai dari pengembangan kreativitas dalam menghadirkan menu kuliner kekinian, hingga pemanfaatan digital marketing sebagai ujung tombak strategi promosi usaha, terutama di masa pandemi. Termasuk, berbagai tips pengembangan usaha dari para ahlinya.

Selain program pelatihan, guna mendukung UMKM di Indonesia, Mondelez juga menghadirkan berbagai menu kekinian melalui website www.snacks-desserts.id, yang dapat diakses dengan mudah setiap saat. Melalui website tersebut, diharapkan para pelaku UMKM kuliner dapat terinspirasi dari berbagai resep kekinian yang dihadirkan dan mereka dapat menggunakannya untuk mengembangkan bisnis.

“Dukungan terhadap UMKM kuliner ini sejalan dengan tujuan perusahaan, yakni ‘Empower People to Snack Right’, di mana Mondelez International berkomitmen membuat produk-produknya dengan cara yang tepat, termasuk dalam memberdayakan masyarakat dan komunitas di sepanjang rantai bisnis. Kami berharap inisiatif ini turut meningkatkan bisnis UMKM kuliner, sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” harap Prashant.

Sementara itu, kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi kuliner atau camilan, kini terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini diperkuat dengan hasil survei konsumen Mondelez International The State of Snacking 2020, yang menyebutkan bahwa pandemi telah meningkatkan kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia. “60 persen konsumen Indonesia lebih banyak ngemil selama pandemi,” ucapnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, terungkap juga bahwa 77 persen responden mencari makanan baru selama pandemi dan 54 persen mendapatkan ide makanannya dari media sosial. “Dari sisi bisnis, tren tersebut tentu menjadi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner untuk terus mengembangkan usahanya, termasuk membuka peluang dari media sosial,” saran Prashant.

Ditambahkan Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang turut hadir pada saat konferensi pers virtual, “Kami turut menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner ini untuk menginspirasi para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya secara lebih kreatif, di antaranya melalui pengembangan menu-menu kuliner ‘kekinian’. Saya yakin pelatihan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini akan dapat menginspirasi para pelaku UMKM Kuliner, termasuk bagaimana secara kreatif memanfaatkan teknologi digital dan digital marketing untuk mempromosikan bisnis mereka.”

Faisal Hasan Basri, Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM, setuju bahwa UMKM kuliner memiliki kesempatan yang besar untuk terus berkembang, seiring dengan meningkatnya kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi camilan. Namun disisi lain UMKM kuliner juga menghadapi tantangan yang cukup rumit.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan

Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Jatim menyalurkan corporate social responsibility (CSR) berupa satu unit mobil kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan untu...


Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik

Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik
INFOBRAND.ID - Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Terutama sampah platik, yang tidak dapat terurai secara alami, akan m...


Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel

Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan pembangunan...


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...