INFOBRAND.ID-Media FranchiseGlobal lewat agenda Business Matching nya yakni IBOS (Indonesia Business Online Show) 2024 sukses di gelar. Adapun Tema seminar nya adalah “ Strategi Sukses Memilih Bisnis Franchise & Kemitraan”(27/07).
Pada edisi kedua event Business Matching dan Seminar IBOS 2024 ini narasumber brand Franchise ternama yakni Alfamart, Warteg Kharisma Bahari, YouNeedMe.
Sesi pertama dalam acara IBOS 2024 ini diawali dengan seminar bisnis oleh Tri Raharjo selaku Chairman Indonesia Brand Community, Franchise Expert & Founder FranchiseGlobal.com.
Tri Raharjo mengatakan dalam seminarnya mengatakan bahwa di Indonesia, terdapat 75 sektor usaha yang dikembangkan melalui pola Franchise, Lisensi, dan Kemitraan. Pilihannya sangat beragam, dengan modal yang bervariasi mulai dari 10 juta hingga 60 miliar. Dengan variasi ini, masyarakat yang tertarik akan lebih mudah dalam memilih usaha yang sesuai dengan minat mereka.
Sesi pertama presentasi bisnis IBOS 2024 adalah Alfamart yang di presentasikan oleh Doni wiriawan selaku Franchise Manager Regional 3 mengatakan Sejarah Alfamart bermula ketika Djoko Susanto mendirikan perusahaan dagang aneka produk pada 22 Februari 1989. Kemudian pada bulan Desember ia memutuskan untuk menjual mayoritas kepemilikannya kepada PT HM Sampoerna Tbk pada Desember 1989.
Pada tahun 2022, Alfamart melakukan perluasan gudang di wilayah Lombok dan mengembangkan pasar dengan memasuki daerah Aceh dan Bintan untuk wilayah Indonesia Barat. Sementara itu, di wilayah Indonesia Timur, perusahaan memperluas kehadirannya ke daerah Raja Ampat dan Timor Tengah Selatan, serta beberapa wilayah lainnya.
Jumlah gerainya semakin meningkat sebanyak 17.813 gerai Perseroan beroperasi. Kemudian sebanyak 2.985 gerai Anak Perusahaan beroperasi dan sekitar 1.400 lebih gerai Perseroan beroperasi di Filipina.
Selanjutnya presentasi kedua brand Warteg Kharisma Bahari di bawakan oleh Lulu Saiya Wiguna selaku Leader Kharisma Bahari menjelaskan PT Berjaya Makmur sukses Indotama (BMI) membuka peluang kemitraan dengan konsep waralaba atau franchise warteg Selera Bahari. Apabila konsep warteg pada umumnya hanya menawarkan menu makanan dan minuman rumahan, Selera Bahari menawarkan tempat yang bersih, nyaman bahkan berkonsep modern untuk tempat nongkrong.
Selera Bahari sendiri tidak memiliki royalty fee atau biaya untuk penggunaan nama atau brand Selera Bahari. Artinya seluruh keuntungan penjualan untuk Anda seutuhnya. Untuk modal franchise warteg Selera Bahari adalah sebesar Rp 193,1 juta namun di acara IBOS 2024 Kharisma Bahari memberikan subsidi khusus menjadi Rp 135 juta. Dengan modal tersebut Anda mendapatkan beberapa benefit lainnya mulai dari lisensi 5 tahun hingga bantuan oencarian tenaga kerja.
Presentasi bisnis ketiga di isi oleh YouNeedMee, adapun narasumber yang memaparkan presentasi nya adalah Triyono selaku Manager Business Development menjelaskan bahwa bisnis kemitraan YouNeedmee ini berawal dari komunitas Indonesia, dimana mitra dan semua anggota-nya saling brsinergi di dalamnya.
Adapun konsep bisnis yang ditawarakan dI YouneedMee adalah memberikan kenyamanan kepada pelanggan, menyediakan tambahan fasilitas dan hiburan.
Bicara investasi yang ditawarkan YouNeedMee berkisar Rp 367.300.000namun Triyono memberikan harga spesial momen IBOS 2024 Rp 317.500.000.
Untuk bergabung di event ini peserta mengisi G-Form terlebih dahulu, setelah itu admin IBOS akan mengundang peserta ke WAG IBOS Club, kemudian peserta menjadi member WAG IBOS Club dan selanjutnya admin IBOS akan mengirimkan link zoom untuk online business matching.