Optimalisasi Digital Di Era Globalisasi, Aktif Berinteraksi Melalui Media Sosial
Posted by: Agus Aryanto | 21-02-2025 17:07 WIB | 409 views

INFOBRAND.ID - Alam Sutera Group, salah satu mixed used developer di Indonesia yang hadir sejak tahun 1994, sukses mengembangkan properti terintegrasi, mulai dari pembangunan dan pengelolaan perumahan, kawasan komersial, pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan hospitality. Kesuksesan bisnis yang dijalankan, berkat prinsip-prinsip keberlanjutan yang diterapkan, dengan selalu memperhatikan aspek-aspek sosial sehingga tercipta harmonisasi dengan alam.
Joseph Sanusi Tjong, President Direktur PT Alam Sutera Realty Tbk mengungkapkan, “Selama hampir tiga dekade, Alam Sutera Group telah mengembangkan beberapa proyek properti dan kawasan terpadu di Indonesia seperti kawasan Alam Sutera, Suvarna Sutera, Ayodhya by Alam Sutera, Sutera Rasuna, Sutera Nexen, GWK Cultural Park, beberapa proyek perkantoran seperti The Tower di CBD Jakarta, The Prominence Office Tower, Mall @ Alam Sutera, serta beberapa hunian tapak maupun vertikal seperti Lloyd Low Rise Apartment, EleVee Residences serta Nykka sebagai extension Kluster Sutera Narada, Agra dari Suvarna Sutera dan proyek hunian prestisius, The Gramercy.”
Yang terbaru, di penghujung tahun 2024 lalu, Alam Sutera mengadakan beberapa peluncuran menyediakan areal hunian terbaik dengan segmentasi dan perencanaan yang matang, seperti: Peluncuran Sutera Rasuna - Alam Sutera 2 di bulan Oktober, sebuah kawasan Sutera Rasuna sendiri merupakan bagian dari Alam Sutera 2, pengembangan strategis terbaru seluas 450 hektar di bagian utara Alam Sutera. Setelah itu ada Sutera Nexen di pertengahan November, hadir dengan konsep hunian smart-living yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup Gen Z dan Milenial yang dinamis, serba digital dan kreatif di area Balaraja. Suvarna Sutera juga menghadirkan Gallery Caksana dan Klaster Caksana di Superklaster Respati pada bulan Desember lalu.
”Tahun ini, Alam Sutera Group akan menyambut pembukaan tahap kedua Sutera Nexen serta pengembangan klaster 2 dan 3 di areal tersebut termasuk fasilitas MRT fase 3 yang akan ada di area Sutera Nexen, lalu ada kegiatan Topping Off EleVee Residences dan serah terima tower 2 di semester 2 mendatang. Tidak hanya areal hunian, sebagai kawasan yang dipercaya sebagai oleh brand-brand ternama, kami juga akan menyambut pembukaan Jakarta Premium Outlets, yang merupakan proyek garapan Simon Genting Private Limited, merupakan titik temu brand-brand premium dari para desainer terkemuka beserta pengalaman berbelanja kelas dunia pertama di Alam Sutera,” ungkap Joseph.
Diakui oleh Joseph, perkembangan bisnis Alam Sutera Group tak luput dari aktivitas Public Relations yang dijalankan. Dikatakan, Public Relations (PR) memiliki peran krusial dalam membangun dan mempertahankan citra positif perusahaan. Melalui PR, Alam Sutera dapat berkomunikasi efektif dengan publik, membangun hubungan yang baik serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan.
“Selain itu, hubungan baik dengan media massa dapat memberikan keuntungan secara jangka panjang, berkelanjutan serta organik,” jelas Joseph.
Di era digital, Alam Sutera memanfaatkan platform digital untuk membangun citra perusahaan. Perusahaan ini aktif di media sosial dan platform digital lainnya untuk berinteraksi dengan publik, memberikan edukasi serta menyebarkan informasi. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen.
Seiring berjalannya era globalisasi dan digitalisasi, Alam Sutera mulai mengoptimalisasikan platform digital mulai dari tahun 2016. Seiring berjalannya waktu sampai saat ini, Alam Sutera fokus mengembangkan sosial media di berbagai platform untuk terus mempertahankan citra baik serta menunjang penjualan produk. Tantangan yang dihadapi tentunya bagaimana menciptakan konten yang relevan dengan produk namun juga selaras dengan perkembangan zaman.
“Digitalisasi yang sedang berkembang pesat menjadi tantangan utama yang harus secara beriringan berjalan bersama image perusahaan, hal tersebut tidak hanya mempengaruhi ide namun juga dari segi peralatan dan perlengkapan yang dipakai akan terus upgrade,” ujar Joseph.
Beragam platform digital yang digunakan antara lain; Website, Instagram, TikTok, Youtube juga Internal Portal bagi karyawan Alam Sutera. Tidak hanya itu, optimalisasi digital juga ada bagi penghuni dengan adanya aplikasi ASA (Alam Sutera Smart-App) yang memudahkan penghuni dan masyarakat umum untuk mendapatkan informasi dan memberikan panduan terkait kawasan.
Tentunya Alam Sutera Group terus aktif membuat konten-konten yang menarik dan relevan. Terbagi di beberapa platform, setiap Strategic Business Unit (SBU) Alam Sutera juga memiliki sosial media masing-masing sehingga mampu menjangkau audiens yang tepat dengan produk yang ditawarkan namun sesuai dengan perkembangan zaman. Perbedaan karakter setiap SBU juga menentukan konten seperti apa dan pesan apa yang ingin disampaikan dari konten tersebut.
Dalam hal branding dari sisi internal, Alam Sutera juga menghargai kinerja karyawan internal yang dituang dalam E-Bulettin yang secara rutin terbit setiap dua bulan menargetkan kalangan internal sebagai dokumentasi hasil kerja yang patut dirayakan dan dikenang bersama.
Alam Sutera percaya, kunci sukses Digital Public Relations (DPR) terletak pada beberapa faktor penting yang saling mendukung. Beberapa faktor penting di antaranya; kehadiran yang konsisten di media sosial: Membangun dan mempertahankan citra yang konsisten serta otentik di platform media sosial adalah langkah pertama yang penting. Dengan menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi andalan, dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka, berikut beberapa tips DPR:
- Pembuatan konten yang relevan dan menarik: Konten yang bermanfaat, informatif, dan menarik dapat menarik perhatian audiens dan mendorong interaksi. Konten harus disesuaikan dengan audiens target, berbicara dalam bahasa yang tepat, dan memberikan nilai tambah bagi mereka.
- Pemanfaatan data dan analitik: Menggunakan data dan analitik untuk memahami audiens dan mengevaluasi hasil dari setiap kampanye komunikasi sangat penting. Ini membantu dalam mengoptimalkan strategi dan memastikan pesan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan audiens.
- Engagement yang Proaktif: DPR bukan hanya soal mengirimkan pesan, tetapi juga soal berinteraksi dengan audiens. Menanggapi komentar, pertanyaan, dan umpan balik secara cepat dan positif dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan kepercayaan.
- Kolaborasi dengan influencer dan media: Membangun hubungan dengan influencer atau jurnalis di niche terkait dapat membantu memperluas jangkauan pesan dan meningkatkan kredibilitas. Influencer dan media memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan memiliki pengaruh besar dalam opini publik.
- Kecepatan dan ketepatan tanggap: Dunia digital bergerak sangat cepat, dan kemampuan untuk merespon isu atau peristiwa yang sedang berlangsung secara cepat dan tepat sangat penting. Ini bisa mencakup menangani krisis PR atau memanfaatkan tren terkini untuk membangun hubungan yang lebih kuat.
- Mengelola reputasi online: Memantau dan menjaga reputasi online adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Menyaring konten negatif, menangani kritik dengan bijak, dan memastikan informasi yang tersebar akurat sangat penting untuk menjaga citra merek.
Baca berita lainnya di Google News