Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pameran Indocraft 2020 Resmi Dibuka Menteri KUKM

Posted by: 2236 viewer

Pameran Indocraft 2020 Resmi Dibuka Menteri KUKM
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki - ketiga dari kiri (Foto: Dedi Hidayat/INFOBRAND.ID)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pameran Indocraft 2020 yang diselenggarakan oleh PT Debindomulti Adhiswasti resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki pada Rabu (11/3) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-17, pameran ini kembali menghadirkan ragam terbaru produk-produk batik dan craft yang merupakan kategori produk andalan ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam sambutannya, Teten Masduki mengatakan bahwa nilai ekspor kriya Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana pada tahun 2016 lalu, kata dia, ekspor kriya Indonesia tembus di angka 740 juta US dolar. Kemudian di tahun 2017 tembus 776 juta US dolar dan tahun 2018 mencapai 870 US dolar.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Ini adalah angka yang menggembirakan untuk kita semua. Dimana kriya telah berkontribusi sebesar 15,4% terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) ekonomi kreatif dan 21,99% terhadap distribusi tenaga kerja ekonomi kreatif pada tahun 2016 lalu. Jadi ini merupakan sub sektor terbesar setelah kuliner dan fashion,” kata Teten Masduki.

Selain kriya, Teten juga mengatakan kalau neraca perdagangan furniture tahun 2018 surplus. Hal ini dibuktikan dengan nilai ekspor furniture Indonesia yang mencapai 1,79 miliar US dolar dan impor mencapai 1,03 US dolar.

“Dan ini bapak presiden sudah minta furniture dari home decor untuk jadi salah satu keunggulan nasional untuk didorong ekspornya ke luar negeri. Dan saat ini kami sedang membereskan supply chainnya, mulai dari bahan baku, SDM (Sumber Daya Manusia) dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Pameran Indocraft 2020 rencananya akan digelar selama 5 hari (11-15 Maret 2020). Sebagai pameran Business to Business (B2B) di sektor ekonomi kreatif, Indocraft 2020 menjadi ajang promosi efektif bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) mandiri dan binaan guna menampilkan dan memasarkan langsung ragam produk andalan terbaru mereka, bersama dengan para desainer profesional dalam satu sinergi promosi produk ekonomi kreatif dengan ciri khas dan daya tarik masing-masing.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...