Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pandemi Covid-19 : Perbanyak Rewards, Biar Pelanggan Balik Lagi

Posted by: 1295 viewer

Pandemi Covid-19 : Perbanyak Rewards, Biar Pelanggan Balik Lagi
Ilustrasi Aplikasi OttoPoint

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berdasarkan survei Nielsen sebanyak 30% responden memilih untuk lebih sering berbelanja online saat pandemi. Mereka mengikuti kebijakan pemerintah untuk mengurangi mobilitas di luar rumah. Hal ini secara tidak langsung membuat para konsumen menjadi lebih selektif untuk mencari penawaran terbaik dari barang-barang yang dijual di beragam toko online.

Persaingan harga di marketplace saat ini bisa dibilang cukup tinggi. Pembeli tidak lagi harus bersusah payah membandingkan dari toko fisik satu ke yang lain dengan datang langsung. Mereka bisa memasukkan keyword barang yang ingin mereka beli dan muncul beragam opsi barang dari beragam toko online.

“Pas belanja online, aku pastinya bakal cek dulu harga-harganya sih. Soalnya makin gampang, bahkan sampe pusing milihnya,” ujar Annisa Andarini, pembeli online yang saat ini bekerja penuh dari rumah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dampak pandemic tentunya juga berdampak bagi pelaku bisnis online, tak sedikit juga yang akhirnya gulung tikar karena rugi akan pelanggan yang semakin sedikit. Mau tidak mau untuk terus bertahan di dunia bisnis online, mereka harus memberikan rewards kepada pembelinya. Bisa dalam bentuk poin, cashback, voucher, stamp, potongan harga, dan lain-lain. Rewards ini selain membuat pembeli lebih hemat dalam berbelanja, mereka juga akan lebih senang dan ‘setia’. Data terkait dari Mckinsey&Co menyebutkan bahwa pembeli online yang loyal cenderung bertransaksi dua kali lebih banyak.

Yang lebih menarik, ternyata rewards ini bukan hanya diberikan oleh pengelola toko online, tetapi juga dari penyedia e-wallet. Hal ini tidak lepas dari kemudahan penggunaan yang ditawarkan e-wallet saat berbelanja online, sehingga penggunanya naik sejalan dengan konsumen dari online shopping.

“Saat ini kami juga memiliki salah satu mitra yang bergerak di industri dompet digital. Setelah mereka menjalankan sistem reward OttoPoint di aplikasi mereka, transaksi pengguna semakin meningkat. Rata-rata mitra kami telah berhasil menaikkan frekuensi transaksi sebanyak 25 persen dan volume transaksi 35 persen dalam waktu kurang lebih tiga bulan,” ucap James Hamdani selaku CEO OttoPoint, perusahaan penyedia program loyalitas.

Program rewards apapun sebaiknya berorientasi jangka panjang. Jadi tidak terlihat ‘manis’ di depan dengan menghasilkan transaksi tinggi, tetapi ternyata berbiaya tinggi dan tidak bisa berkelanjutan. Coalition loyalty program bisa jadi cara untuk memenangkan persaingan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...