Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pasar Otomotif Jadi Era Baru Pariwisata di Indonesia

Posted by: 1582 viewer

Pandemi covid-19 mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari interaksi dengan orang lain. Kebiasaan baru ini mendorong era baru pariwisata di Indonesia, dimana penggunaan kendaraan pribadi untuk mengunjungi tempat pariwisata.

Pasar Otomotif Jadi Era Baru Pariwisata di Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengunjungi ajang IIMS Hybrid 2021.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi kegiatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Minggu (18/4/2021). Dalam kunjungannya, Sandi melaksanakan diskusi secara langsung yang ditayangkan secara live melalui official website www.indonesianmotorshow.com dan platform Youtube IIMS_ID.

Dalam pernyatannya, Menparekraf menyebutkan bahwa pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 ini merupakan event offline skala terbesar pertama yang diadakan ditengah pandemi dan dinilai cukup berhasil dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan berbasis pada CHSE. Menurutnya, penyelenggaraan IIMS Hybrid merupakan langkah strategis meningkatkan pariwisata Indonesia dengan mengkolaborasikan dunia otomotif secara menyeluruh serta menjadi awal dimulainya era pariwisata baru di Indonesia.

"Bapak presiden memberikan arahan agar ini bisa menjadi pembuka bagi event-event lain berskala internasional, nasional, regional maupun juga berskala lokal," ungkap Sandiaga Uno, dalam keterangan media yang diterima infobrand.id, sebagai salah satu media partner kegiatan pameran otomotif terbesar di Indonesia itu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sandi menambahkan, kegiatan tersebut sebagai salah satu strategi pemulihan pariwisata Indonesia, tren pariwisata ditengah pandemi, ialah menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi dan melakukan eksplorasi eksotisme suatu tempat di Indonesia. Adanya destinasi dengan jarak yang mudah dijangkau, dan adanya komunitas otomotif yang menyediakan group tour dengan jumlah kecil dinilai sebagai instrumen penggerak industri pariwisata tanah air.

Penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 ini ialah salah satu bentuk destinasi pariwisata. Dimana dalam setiap penyelenggaraan event dimasa pandemi, penyelenggara harus terpacu untuk mensimulasikan protokol kesehatan. Sandi melihat pelaksanaan prokes di IIMS Hybrid 2021 ini sangat tertib dan sudah mengacu pada CHSE.

“Adanya pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer, dan tim satgas Covid-19 yang aktif mengingatkan pengunjung untuk menjaga jarak aman dan penggunaan masker,” jelas Sandi.

Sandi menambahkan, pariwisata kedepan akan terus diupayakan dengan menggunakan konsep Personalized, Customized, Localized dan Smaller Size. Sehingga pariwisata dalam negeri terus meningkat. Kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melihat dimasa pandemi, ekonomi kreatif lokal Indonesia dapat mengalami peningkatan salah satunya melalui touring untuk pengembangan wisata otomotif kedepannya.

“Seuai dengan hashtag kampanye kami #diIndonesiaAja, Kemenparekraf optimis dengan fokus penggarapan pariwisata oleh pelaku wisatawan dalam negeri,” jelas Sandi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selaras dengan pernyataan Menparekraf, Laja Lapian, Komisaris Utama Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) mengatakan, pandangannya terkait pariwisata berbasis otomotif ini jika dikaitkan dengan destinasi super prioritas. Pihaknya, melalui Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia juga memiliki rencana pariwisata berbasis otomotif ini dilakukan atau dikembangkan pada destinasi khusus.

Adapun terkait kegiatan touring, standard yang digaungkan oleh PWOI ialah ATSM (Aman, Tertib, Sehat, Menyenangkan). Dengan ini, PWOI mengharapkan bagi seluruh komunitas otomotif yang sudah mulai berkegiatan, dapat berkendara secara aman dan kembali dengan selamat. Ditengah pandemi, 77% kegiatan pariwisata antar kota menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

“Oleh sebab itu, kami yakin bahwa industri otomotif akan meningkat dan beradaptasi seiring berjalannya waktu. Wisata otomotif dan ekonomi kreatif di destinasi pariwisata, akan bisa bersinergi dengan inovasi dan kolaborasi yang diterapkan oleh seluruh sektor terkait,” tambah Laja Laipan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...