Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Penjualan Online Meningkat 500%, Campina Masuk Daftar Indonesia Brand Champion 2021

Posted by: 2237 viewer

Penjualan Online Meningkat 500%, Campina Masuk Daftar Indonesia Brand Champion 2021
Campina.

JAKARTA - Bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tidak begitu terdapat pandemi covid-19 karena merupakan barang kebutuhan konsumsi sehari-hari atau barang primer. Namun demikian, es krim meskipun masuk dalam kategori FMCG, ikut terdampak, kaena merupakan kebutuhan tersier.

Demikian diungkapkan Mustofa Saadji, Marketing Category Manager, PT Campina Ice Cream Industry Tbk. Itu terjadi akrena pembelian es krim bersifat impulsife atau tidak direncanakan. Akibatnya, di awal-awal pandemi karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penjualan es krim campina pun cukup terdampak.

“Ditambah anak-anak dan remaja sekolah secara online, hal ini mengakibatkan penjualan beberapa segment usia menurun,” jelas Mustofa.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melihat situasi tersebut, Campina pun langsung mengambil sejumlah langkah strategi. Beberapa strategi yang diterapkan diantaranya; meluncurkan produk yang disesuaikan untuk masa pandemi, memberikan produk dengan harga yang affordable, promosi yang disesuaikan selama masa pandemi, gratis ongkir, hingga potongan harga untuk pembelian jumlah tertentu dan merchandise menarik.

Selain itu Campina juga memperkuat omni channel, dengan mensinergikan online dan offline, icecreamstore.co.id, dan beberapa marketplace lainnya. Terakhir memperkuat konten menarik, dengan bekerjasama dengan influencer, youtuber, dan beberapa artis untuk mengkomunikasikan produk selama pandemi.

Berkat strategi yang diterapkan, Campina berhasil mencatatkan beberapa capaian positif, seperti penjualan secara online meningkat 500%, yang dikarenakan perubahan kebiasaan yang beralih berbelanja online. Selain itu, awareness terhadap brand Campina juga meningkat, membuat engagement dengan konsumen pun semakin naik, yang dibuktikan dari banyaknya konsumen terlihat aktif dalam berbagai promo online yang diselenggarakan.

“Peningkatan jumlah followers di sosial media naik cukup signifikan selama masa pandemi, sebesar 12 persen dari Maret hingga Desember 2020,” jelas Mustofa.

Berkat capaian tersebut, Campina menjadi salah satu pemerima apresiasi Indonesia Brand Champion 2021 yang digelar oleh Infobrand.id sebagai number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia. Apresiasi ini merupakan bukti nyata keberhasilan brand dan perusahaan dalam mengelola dan mengawal setiap kebijakan dan strategi, sehingga mampu menjadi pemenang di bidangnya.  

IKLAN INFOBRAND.ID

Bagaimana strategi lebih lanjut Campina dan brand-brand lainnya menghadapi tantangan 2020 dan menjadi champion di bidangnya, baca selengkapnya di Annual Achievement Report Indonesia Brand Champion 2021 dan Indonesia Corporate Brand Champion 2021 yang akan terbit di Bulan Maret 2021.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...