Penjurian Top CSV Award 2021 Tahap Dua Siap Digelar
Posted by: Agus Aryanto | 14-09-2021 14:55 WIB | 1862 views

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Setelah sukses menggelar penjurian Top CSV Award 2021 tahap pertama, Infobrand.id sebagai number one brand media bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, siap menggelar penjurian tahap kedua. Rencananya, proses penjurian tahap kedua akan dilaksanakan pada 27-28 September 2021 mendatang.
Creating Shared Value (CSV) sendiri, merupakan konsep CSR berkelanjutan dari perusahaan yang tidak hanya fokus pada dampak sosial, tapi juga berdampak bagi perusahaan. Sementara Top CSV Award 2021, merupakan apresiasi untuk perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program Creating Sharev Value.
Infobrand.id bersama Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan Departmen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga menggagas sebuah penghargaan TOP CSV Award 2021, sebuah apresiasi penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program CSV (Creating Shared Value) hingga menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) yang berkelanjutan.
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand Group menjelaskan, proses penilaian terhadap peserta perusahaan yang telah menjalankan program CSV dilakukan 2 tahap, yaitu; proses pengumpulan data melalui desk research dan pendaftaran yang dilakukan oleh perusahaan peserta yang memiliki program CSV dan telah menjalankan program CSV tersebut. Kemudian, Dewan Juri melakukan tahap seleksi tahap awal menjadi 54 peserta perusahaan untuk tahap penilaian selanjutnya.
“Dari 54 peserta tersebut yang lolos seleksi awal kami undang secara resmi untuk hadir melakukan presentasi dan memaparkan program CSV yang sedang dijalankan di hadapan dewan juri melalui aplikasi zoom meeting,” jelas Susi.
Penjurian dilakukan oleh juri berkompeten, di antaranya; Dr. Gancar C Premananto, CMD - Head of Management Departement FEB, Universitas Airlangga dan sebagai Senior Consultant & Mentor CSV. Drs. Mas Achmad Daniri, Mec - selaku Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG) dan Penulis Buku Lead by CSV. Dan Tri Raharjo, SE, MM - selaku CEO TRAS N CO Indonesia dan Founder Indonesia Brand Network (IBN) serta penggagas TOP CSV Award 2021.
Penilaian dewan juri meliputi 3 aspek penilaian yaitu; CSV Concept Aspect dengan bobot nilai 30%, CSV Impact Aspect dengan bobot nilai 50%, dan CSV Branding Aspect dengan bobot nilai 20%. Selain fokus terhadap 3 aspek penilaian tersebut yang dipaparkan, dalam presentasinya perusahaan peserta juga diminta untuk memaparkan unsur masalah dan kebutuhan social di perencanaan strategi perusahaan dalam menjalankan program CSV yang berfokus pada 3P yaitu Profit, Planet dan People.
“Selain itu juga dalam pemaparan program CSV harus selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dapat diukur tingkat keberhasilannya berdasarkan SROI (Social Return ON Investment) yaitu mengukur dampak program social yang dilakukan bagi perusahaan, lingkungan dan social,” jelas Susi.
Lebih lanjut Susi menjelaskan, penjurian Top CSV Award 2021 tahap pertama yang dilakukan pada 7-8 September 2021, telah diumumkan pada 13 September 2021. Selanjutnya, untuk tahap dua nantinya, setelah dilakukan penjurian, pengumuman akan dilakukan pada 1 Oktober 2021.
Baca berita lainnya di Google News