JAKARTA, INFOBRAND.ID - Minat perusahaan di Indonesia untuk mengukuti penjurian Top CSV Award 2021 cukup tinggi. Buktinya, infobrand.id selaku inisiator ajang penghargaan bergengsi bagi perusahaan, masih terus melakukan penjaringan dan berencana menggelar penjurian tahap ketiga.
Untuk diketahui, penjurian tahap pertama diikuti oleh 11 perusahaan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 September 2021, kemudian penjurian tahap kedua juga telah digelar pada 27 September 2021 yang diikuti oleh 7 peserta. Dan penjurian tahap ketiga, direncanakan akan digelar pada 5 Oktober 2021.
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand Group, mengungkapkan, tingginya minat perusahaan dalam mengikuti penjurian Top CSV Award dapat dilihat dari proses penjaringan yang dilakukan. Dimana terdapat 54 perusahaan teriset dan lolos seleksi tahap awal. Selanjutnya, dari tahap seleksi awal tersebut, perusahaan diundang untuk mengikuti penjurian Top CSV Award 2021.
Masih sama seperti penjurian tahap pertama dan kedua, penjurian tahap ketiga juga akan dilakukan oleh Dr. Gancar C Premananto, CMD - Head of Management Departement FEB, Universitas Airlangga dan sebagai Senior Consultant & Mentor CSV. Drs. Mas Achmad Daniri, Mec - selaku Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG) dan Penulis Buku Lead by CSV. Dan Tri Raharjo, SE, MM - selaku CEO TRAS N CO Indonesia dan Founder Indonesia Brand Network (IBN) serta penggagas TOP CSV Award 2021.
Untuk peserta penjurian tahap ketiga sendiri, menurut Susilowati Ningsih, infobrand.id selaku pelaksana masih terus melakukan sosialisasi terhadap 54 perusahaan yang telah berhasil lolos dalam seleksi awal. Selain itu, infobrand.id juga membuka kesempatan kepada perusahaan lain yang ingin mendaftarkan programnya untuk mengikuti penjurian.
Lebih lanjut Susilowati Ningsih menjelaskan, Creating Shared Value (CSV) adalah konsep baru dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dapat menjadi penyempurna sebuah program tanggung jawab sosial, sekaligus memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Melalui konsep tersebut, perusahaan dapat menjalankan program sekaligus menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) yang berkelanjutan.
Selanjutnya, untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menjalankan program CSV, infobrand.id, memberikan penghargaan Top CSV Award, apresiasi penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program CSV (Creating Shared Value) hingga menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) yang berkelanjutan.
“Puncak kegiatan nantinya akan digelar pada 14 Oktober 2021. Yang akan diikuti oleh webinar nasional CSR to CSV. Webinar sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan kepada perusahaan di Indonesia, agar semakin banyak yang menjalankan CSV, sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat berkelanjutan,” jelas Susilowati Ningsih.