Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Digital Public Relations di era Digital

Posted by: 6501 viewer

Pentingnya Digital Public Relations di era Digital
Digital Public Relations.

INFOBRAND.ID - Di era digital Public Relations mengalami revolusi menjadi digital Public Relations. Jika dahulu tugas public relations dalam meningkatkan brand awareness yakni hanya dengan membangun relasi dengan media. Kini, PR telah merambah ke dunia digital yakni dengan memanfaatkan berbagai media digital untuk menyebarkan konten promosi produk.

Dari penjelasan tersebut, lantas apa itu digital public relations. Melansir dari Circa Interactive, digital PR adalah gabungan dari strategi PR tradisional dan juga elemen-elemen SEO, seperti content marketing dan media sosial.

Sederhananya, digital public relations adalah gabungan strategi PR konvensional dengan ranah digital seperti content marketing, social media, dan search optimization yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. PR digital dan PR konvensional memiliki perbedaan yang mendasar yakni dalam ranah yang digunakan. PR konvensional menggunakan media relations untuk menyebarluaskan konten, sementara Digital PR menggunakan internet dan media digital lainnya untuk menyebarluaskan konten.

IKLAN INFOBRAND.ID

Praktik public relations memang sudah dilakukan sejak lama, terutama PR konvensional sendiri. Namun, PR konvensional diangggap kurang efektif dan aksesibel terlebih bagi bisnis yang baru merintis atau startup. Seiring berkembangnya teknologi, munculah strategi digital public relations.

Kehadiran strategi digital public relations ini membawa warna baru bagi dunia public relations dalam penyebaran informasinya. Perannya yang begitu penting, membuat digital public relations dianggap menjadi masa depan public relations. PR digital dapat dilakukan tidak hanya bagi perusahaan besar, melainkan juga bisa dilakukan siapapun.

PR digital merupakan taktik promosi yang digunakan oleh public relations untuk meningkatkan brand awareness. Strategi digital ini dapat mendorong kesadaran merek, konversi ke situs web, dan tautan / link yang dapat meningkatkan prospek dan penjualan.

Lantas apa pentingnya Digital PR? Dilansir dari archeredu.com, ada empat tujuan utama dari strategi PR digital diantaranya.

1. Memperluas Kesadaran Produk (Brand Awareness)

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu manfaat penting dari PR digital adalah kesadaran merek (brand awareness). Pengetahuan seseorang akan suatu brand atau produk berpengaruh pada keputusan pembelian mereka. Semakin mereka mengenal suatu produk, maka tingkat kredibilitas brand tersebut semakin tinggi dan berkemungkinan besar dalam meningkatkan penjualan.

2. Memungkinkan Promosi Produk Melalui Public Figure

Untuk membangun kepercayaan publik akan suatu produk, memposting konten di media sosial tidaklah cukup. Dengan menerapkan strategi digital, PR dapat terhubung dengan beberapa artis, content creator, influencer maupun orang-orang yang sekiranya berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen.

Dalam penerapan strateginya, PR dapat bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan suatu produk. Namun, PR juga memberikan kesempatan bagi para influencer untuk mencoba produk mereka secara sukarela. Testimoni influencer dan content creator sangatlah berguna untuk memberikan pengetahuan produk bagi customer.

3. Mendatangkan Trafik Organik

IKLAN INFOBRAND.ID

Manfaat selanjutnya dari PR digital adalah mendatangkan traffic organik. Traffic organik didapatkan dari pencarian melalui Google di beberapa media online seperti website. Pelanggan maupun calon pelanggan dapat mencari nama brand produk perusahaan melalui situs Google.

Tugas PR yakni merilis konten-konten berupa artikel yang berkaitan dengan produk dan mengoptimasi SEO pada setiap artikel. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik atau upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.

4. Membangun High-Quality Backlink

Manfaat terakhir dari digital PR yang masih berkaitan dengan mendatangkan lalu lintas organik yakni membangun high-quality backlink pada target domain. Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Google menganggap backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web. Backlink juga bisa dikatakan sebagai tanda kepercayaan situs lain atas situs perusahaan. Menggunakan backlink pada situs web, akan membantu website untuk mudah ditemukan audiens.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ketika konten pada website yang dibuat PR secara konsisten dilihat dan diklik oleh audiens, maka memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Hal ini karena Google melihat profil backlink dan berapa kali orang mengklik tautan Anda.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Masuk Pasar Indonesia, Sunra Andalkan Skutik Listrik Q5

Masuk Pasar Indonesia, Sunra Andalkan Skutik Listrik Q5
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pabrikan sepeda motor listrik Sunra mengandalkan produk e-bike Sunra Q5 bermodel skuter automatik (skutik) yang trendi untuk m...


Tahun Ini, NETA Targetkan Jual 10 Ribu Mobil Listrik

Tahun Ini, NETA Targetkan Jual 10 Ribu Mobil Listrik
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia menargetkan penjualan mobil listrik antara 6 ribu hingga 10 ribu unit di tanah air pada 2024. Menuru...


Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal

Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen biji kopi lokal dikatakan Co-Founder dan CEO perusahaan rintisan ritel kopi Indonesia, Fore Coffee, Vico Lomar harus...


Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern

Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand lokal Vannoe menawarkan produk Interactive Flat Panel (IFP) VTK Series, sebuah layar pintar interaktif untuk solusi papa...