Sabtu, 31 Juli 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis

Posted by: 14-08-2020 14:48 WIB 3243 viewer

Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis
Editor in Chief INFOBRAND.ID, Panji Nurdiyan Syah (kiri) dan Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA (kanan)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa tokoh pemasaran terkemuka baik di dunia maupun di akhirat adalah iblis. Hal ini disampaikannya pada acara webinar Indonesia Brand Network yang bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, INFOBRAND.ID dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) serta SmartFM pada Kamis (13/8).

“Semua orang tahu siapa itu iblis. Buktinya iblis sering dijadikan logo atau lambang pada berbagai kelompok seperti kelompok band, sepakbola, bahkan warung makan pun pakai logo iblis. Jadi hampir semua orang itu tahu siapa iblis,” kata dia.

Menurut Gancar, strategi iblis dalam memasarkan produknya adalah dengan menawarkan kemasan yang indah untuk mempengaruhi nafsu dan bukan akal. Dan keindahan yang tampak bukanlah keindahan yang sebenarnya dari produk yang ditawarkannya itu.

“Memasarkan produk negatif dan yakin produk itu sukses adalah keahlian dari iblis. Lalu apa yang bisa kita pelajari dari sini, yaitu optimisme untuk menjual produk. Kalau kita tidak belajar bagaimana pemasaran yang dilakukan iblis, maka kita sebagai target pasarnya bisa termanipulasi. Jadi kita harus mempelajari ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Gancar mengatakan bahwa marketing iblis merupakan suatu strategi dan program yang menarik. Strategi ini dapat dianalogikan seperti menjual garam pada seekor bekicot sesuai dengan tema webinar yang disampaikannya yakni “How to Sell Salt to Snail?”.

“Apa kita bisa menjual garam kepada bekicot yang pada dasarnya garam itu adalah musuhnya bekicot? Jadi bagaimana kita menjual produk yang kemudian konsumennya mendapatkan bahaya dari produk tersebut bahkan sampai mati. Bagaimana menjual produk yang seperti itu?,” tanya Gancar.

“Jadi intinya ada hikmah dari pembelajaran yang mungkin kita dapatkan. Karena ini juga ada di dalam kitab suci untuk mendapatkan ilmu,” katanya.

Jadi salah satu visi aktivitas pemasaran yang menarik dari marketing iblis adalah optimisme untuk memasarkan produk. Dimana produk-produk yang ditawarkan iblis adalah sesuatu yang negatif yang memberikan konsekuensi buruk kepada konsumennya, namun optimis bahwa produk itu akan sukses dan mendapatkan konsumen loyal sebanyak-banyaknya.

“Dengan demikian belajar pemasaran dari iblis merupakan hal yang menarik untuk melihat strategi dan program yang menjadi kiat sukses iblis. Jangan sampai niat dan produk yang baik malah kehilangan optimisme untuk sukses di pasaran,” tutupnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Atome Finance Indonesia Dukung Pemerintah dengan gelar VGR Bagi Karyawan dan Keluarga

Atome Finance Indonesia Dukung Pemerintah dengan gelar VGR Bagi Karyawan dan Keluarga
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perusahaan pembiayaan PT Atome Finance Indonesia (AFI) menggelar program vaksinasi untuk seluruh karyawan dan keluarganya, pad...


Kejar Target Herd Immunity, Uniqlo Indonesia Gantian Buka Sentra Vaksinasi

Kejar Target Herd Immunity, Uniqlo Indonesia Gantian Buka Sentra Vaksinasi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Indonesia saat ini sedang mengalami percepatan target vaksinasi demi tambahnya herd immunity serta menjadikan Indonesia lebih...


Shipper Genjot Distribusi Alat Kesehatan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19

Shipper Genjot Distribusi Alat Kesehatan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Untuk mendukung penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia, Shipper kini berkolaborasi dengan Prudential Indonesia sebagai d...


KAI Group Hadirkan Vaksinasi Gratis di Berbagai Kota

KAI Group Hadirkan Vaksinasi Gratis di Berbagai Kota
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yakni KAI Commuter menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi...