Senin, 04 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Survival Action Bagi Pelaku Pebisnis di Masa Pandemi

Posted by: 2401 viewer

Pentingnya Survival Action Bagi Pelaku Pebisnis di Masa Pandemi
Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, S.E., M.M saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk “Cara Brand Melewati Masa Pandemi & New Normal” pada Rabu (20/5) lalu

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Wabah covid-19 yang semakin masif tentunya memiliki dampak yang cukup serius bagi para pelaku bisnis di tanah air. Hal ini disampaikan oleh Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, S.E., M.M saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk “Cara Brand Melewati Masa Pandemi & New Normal” pada Rabu (20/5) lalu.

“Apa sih dampaknya terhadap bisnis kita? Saya kira ketika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan, ketika Social Distancing diberlakukan, ketika Physical Distancing diberlakukan, banyak sekali yang mengalami tutup operasional atau semi operasional sebagian,” ungkap Tri.

Menurutnya, ketika terpaksa harus tutup operasional, sudah pasti tidak akan ada pelanggan yang datang. Atau mungkin sebagian pelanggan mulai berkurang dan beralih ke jalur online.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Selanjutnya, ketika pendapatan tidak menutupi biaya operasional, sudah pasti akan ada pemangkasan biaya. Bahkan sebagian perusahaan juga sudah merumahkan atau membuat sistem shift. Inilah yang sudah dilakukan oleh para pelaku bisnis di Indonesia,” terangnya.

Tentunya hal itu akan berdampak sangat signifikan. Untuk menghadapi situasi seperti ini, tentu saja para pelaku bisnis harus bisa survival action. Apa saja?

“Pertama, menggunakan sarana Whatsapp untuk menjual produk-produk kita. Contohnya Hino, mereka telah membuat program beli Hino di rumah saja atau juga program festival di rumah saja,” lanjutnya.

Menurutnya, tidak hanya di dunia otomotif saja, tapi hampir di segala sektor bisnis harus bisa melakukan yang namanya survival action. Contoh keduanya adalah pemain bisnis waralaba Ixobox. Barbershop modern ini mulai melakukan program menarik yaitu potong rambut di rumah saja.

“Selanjutnya adalah toko carvil yang kini telah membuka suatu konsep live melalui Instagram. Saya kira ini menjadi suatu kenormalan baru yang juga banyak dilakukan oleh beberapa motivator, pembicara maupun para pelaku bisnis di tanah air,” katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Begitu juga dengan dunia pendidikan. Dimana kata Tri, kampus di Jepang telah melaksanakan wisuda secara online. Langkah ini dilakukan untuk mencegah serta memutus mata rantai virus corona yang semakin masif terjadi.

“Ketika era pandemi seperti ini tentunya banyak sekali konsep baru yang bermunculan. Salah satunya konsep reseller yang saya kira kedepannya akan semakin boom. Kenapa? Karena banyaknya karyawan yang terkena PHK. Dan saya kira konsep reseller ini menjadi suatu hal yang menarik,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dorong Kontribusi Anak Muda, Astra Luncurkan Satu Indonesia Awards 2024

Dorong Kontribusi Anak Muda, Astra Luncurkan Satu Indonesia Awards 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Astra International Tbk meluncurkan program Semangat Astra Terpadu Untuk (Satu) Indonesia Awards Tahun 2024 untuk mendorong...


Di Tengah Persaingan, HPM Tawarkan Keunggulan Mobil Jepang

Di Tengah Persaingan, HPM Tawarkan Keunggulan Mobil Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan nilai lebih pada mobil Jepang di tengah persaingan produk otomotif yang semakin ketat...


Sambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Damri Dukung Penyelenggaraan Mudik Gratis BUMN

Sambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Damri Dukung Penyelenggaraan Mudik Gratis BUMN
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum (Perum) Damri mendukung penyelenggaraan mudik gratis bersama badan usaha milik negara (BUMN) dalam rangka meny...


Manajemen FEB Universitas Airlangga, Menyiapkan Mahasiswa Ready for Business with AI

Manajemen FEB Universitas Airlangga, Menyiapkan Mahasiswa Ready for Business with AI
INFOBRAND.ID - Artificial Intelligence (AI) merupakan fenomena terkini di dunia IT, yang menjadikan berbagai profesi bisa jadi di masa depan akan terg...