Kamis, 13 Agustus 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Pentingnya Transformasi Digital dan Brand Leadership di Era Low Touch Economy

Posted by: 01-07-2020 13:37 WIB 352 viewer

Pentingnya Transformasi Digital dan Brand Leadership di Era Low Touch Economy
Menteri Pariwisata periode 2014 – 2019, Arief Yahya (dok. Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri.

Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Perubahan desain ruangan dan cara bekerja, menikmati hiburan di luar hingga cara makan di restoran adalah sebagian dampak yang disebabkan era Low Touch Economy.

Para pakar memprediksi situasi ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup panjang, setidaknya dalam dua tahun ke depan sampai vaksin mulai tersedia masal. Kita menghadapi dua krisis sekaligus secara beriringan, yaitu krisis kesehatan dan ekonomi. Dunia bisnis telah terpukul dengan adanya krisis ini, terutama di sektor-sektor industri yang sarat dengan high-touch seperti pariwisata, penerbangan, manufaktur, otomotif hingga properti.

IKLAN INFOBRAND.ID

Merespon perubahan ini, Arief Yahya yang pernah menjadi CEO Telkom menawarkan transformasi digital sebagai solusi jitu bagi perusahaan yang ingin survive dan sustain di era ini. Dalam keynote speech yang disampaikan di Indonesia Brand Forum 2020 pada Selasa (30/6) kemarin, Menteri Pariwisata periode 2014 – 2019 ini menyatakan setiap perusahaan perlu melakukan resep 3D yaitu digital imperative, decoding ekonomi COVID-19 dan digital transformation. 

“Pertama adalah digital imperative dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnisnya. Kedua, perlu melakukan decoding ekonomi yang terkait dengan COVID-19 dengan memetakan industri yang memiliki potensi tumbuh. Dan ketiga adalah transformasi digital dengan cara-cara yang tidak biasa,” kata Arif Yahya.

Pria asli Banyuwangi ini juga menambahkan, setelah melakukan transformasi digital, setiap perusahaan harus menguatkan brand-nya agar selalu relevan di era digital. “Brand anda harus membangun persepsi melalui 3C, yaitu contribution, competencies dan communication. Ketiga hal ini yang akan membentuk reputasi brand yang kuat,” ujarnya.

Selain itu, untuk membangun brand leadership di era low touch economy, pria yang hobi main tenis ini juga menawarkan konsep brand yang memodifikasi teori brand identity-nya David Aaker.

“Dari sisi brand sebagai produk, kita harus bisa leading brand kita dari high touch ke low touch. Sedangkan dari sisi brand sebagai organisasi, brand kita harus global minded. Brand kita sebagai person juga harus semakin personal atau customer centric, dan ujungnya adalah membawa brand kita dari egoistical ke social secara simbolis,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand

Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Marketing dan inovasi merupakan suatu kunci keberhasilan sebuah brand. Demikian yang disampaikan CEO TRAS N CO Indonesia...


Inovasi Jadi Kunci Hadapi Tantangan Bisnis di Masa New Normal

Inovasi Jadi Kunci Hadapi Tantangan Bisnis di Masa New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID -  Meski telah memasuki era new normal, tapi dampak dari pandemi yang sempat melumpuhkan sektor bisnis dan ekonomi beberapa...


4 Jurus Digital Branding Hingga Trending

4 Jurus Digital Branding Hingga Trending
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi para pelaku bisnis, brand menjadi sesuatu yang mutlak untuk dimiliki. Kenapa demikian? Karena brand dapat meningkat...


Merek Dagang Perlu Didaftarkan, Kalau Tidak…

Merek Dagang Perlu Didaftarkan, Kalau Tidak…
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sebuah merek dagang tentunya menjadi poin utama bagi seluruh pelaku brand. Tidak hanya di tanah air saja, tapi juga di s...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI