JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bencana wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia semakin mengkhawatirkan masyarakat. Dampaknya pun telah dirasakan oleh banyak pihak, terutama karena mengancam pada permasalahan ekonomi.
Melihat kondisi tersebut, banyak perusahaan melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk membantu pemerintah dalam upaya memerangi wabah virus corona. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membangun citra positif perusahaan di mata publik.
“Citra baik perusahaan adalah aset, karena brand image memiliki dampak pada persepsi konsumen,” ujar Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo dalam keterangan tertulisnya.
Menurut Tri yang juga menjabat sebagai Chairman Komunitas Indonesia Brand Network (IBN), akan banyak manfaat yang bisa didapat perusahaan dari kegiatan CSR ini. Karena selain dapat meningkatkan citra perusahaan di mata publik, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat.
“Lalu kegiatan CSR juga bisa memperkuat brand perusahaan di mata stakeholder. Kegiatan ini juga sangat memberikan manfaat bagi penerima kegiatan CSR,” jelas Tri.
Dalam memerangi virus corona di Indonesia, perusahaan dapat berlomba-lomba melakukan kegiatan CSR. Menurut Tri, bantuan yang bisa disalurkan pun beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Pertama, bisa berupa peralatan pencegahan penyebaran virus corona seperti alat uji tes, alat pelindung diri, hand sanitizer dan juga desinfektan.
Kemudian yang kedua, bisa dalam bentuk kepedulian terhadap pekerja harian. Aksi nyata ini, kata Tri, bisa dilakukan dengan memberikan bantuan langsung berupa pemberian sembako, masker, hand sanitizer kepada para pekerja harian seperti pengemudi taksi, ojek online, pekerja bangunan dan juga petugas kebersihan.
Lalu yang ketiga, kegiatan CSR juga bisa berupa bantuan dalam bentuk makanan dan minuman bagi para petugas medis dan relawan cepat tanggap virus corona.
Keempat, perusahaan juga dapat menyediakan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi untuk rumah sakit guna mempermudah para petugas dan relawan untuk keperluan koordinasi dan menolong penanganan virus corona.
Kemudian yang kelima, perusahaan bisa juga memberikan edukasi gratis melalui sarana seminar online akan dampak dan bahaya dari virus corona kepada masyarakat yang bekerja, belajar dan beribadah di rumah.
“Dengan berbagai kegiatan CSR tersebut, tentunya ini akan mengurangi kesulitan masyarakat dalam menghadapi dampak bencana virus corona di Indonesia,” pungkas Tri.