Sabtu, 22 Januari 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel Ini Penjelasannya

Posted by: 06-01-2022 18:10 WIB 1021 viewer

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel Ini Penjelasannya
Power Commerce Asia, pelopor teknologi omnichannel di Indonesia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Meningkatnya adopsi teknologi digital di sektor bisnis mendorong hadirnya teknologi omnichannel yang mampu mengintegrasikan seluruh proses mulai dari aktivitas offline dan online. Melalui teknologi ini juga menghadirkan pengalaman yang seamless bagi customer baik itu secara offline maupun online.

Di Indonesia sendiri, saat ini telah mulai banyak perusahaan yang mengklaim dirinya telah menerapkan teknologi omnichannel. Namun jika dilihat lebih lanjut, konsep omnichannel yang dijalankan masih belum mengintegrasikan seluruh proses yang dimiliki.

Perusahaan memiliki saluran penjualan secara offline, reseller, dan marketplace, serta metode pembayaran seperti tunai, bank transfer, maupun dompet digital, namun satu sama lain belum terintegrasi. Kondisi seperti itu sejatinya bukan omnichannel, namun baru sebatas multichannel.

Demikian diungkapkan oleh Hadi Kuncoro, CEO Power Commerce Asia, dalam virtual press conference pengumuman pendanaan dari Interport dan SAP Express dan penggunaan logo baru, Kamis (6/1/2022). Dijelaskan oleh Hadi, dasar dari omnichannel adalah goalsnya adalah bagaimana membangun sebuah ekosistem bisnis dan menciptakan pengalaman belanja di manapun menghadirkan pengalaman yang sama.

“Mulai dari kecepatan, komplain, harga, layanan, sama. Misal orang Papua berbelanja di toko online, pengalamannya sama seperti orang Jakarta berbelanja, kapan barang akan sampai sampai akan sama,” jelas Hadi Kuncoro.

Dan hal itu dapat diciptakan ketika sistem yang dimiliki oleh sebuah perusahaan telah terintegrasi, mulai dari toko offline, toko online, gudang, reselller dan pembayaran sama. Jadi ketika seseorang membeli secara online, dapat langsung dikimim dari toko atau reseller terdekat.

Sementara, multichannel itu adalah fase. Dimana sebelum itu dulu ada singlechannel seperti offline saja, reseller saja. Selanjutnya saat mulai ada ecommerce, bisa berjualan di ecommerce juga. Sosial media juga, dan channel mulai banyak akhirnya menjadi multi channel.

“Dan bagaimana mengintegrasikan semuanya itu adalah omnichannel,” imbuh Hadi Kuncoro.

Diakui saat ini banyak perusahaan dan brand saat ini baru menerapkan multichannel. Untuk menjadi omnichannel, kata kuncinya adalah kontrol tower dashboard yang membantu seluruh proses dapat terintegrasi, yang ketika direfresh per detik pada saat itu juga seluruh proses dapat dikontrol, penjualan berapa di semua channel, secara real time terupdate.

“ Semuanya terkontrol, dan diketahui terintegrasi realtime. Dashboard realtime apa tidak, kalau belum nyambung dan belum realtime, itu belum omnichannel,” jelas Hadi Kuncoro.

Sementara,  Andik Duana Putra, Co-Founder dan CCO Power Commerce Asia menambahkan, customer experience yang diharapkan dari omnichannel adalah bagaimana memberikan seamless customer experience sama. Customer antara offline dan online, ada dalam satu ekosistem.

“Selain dalam proses penjualan, mmnichannel juga dapat diterapkan dalam marketing, kalau sendiri-sendiri jadi banyak cost, kalau omnichannel, bisa lebih murah,” tutup Andik.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


IOH & Bank QNB Indonesia Luncurkan UCan

IOH & Bank QNB Indonesia Luncurkan UCan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Indosat Ooredoo Hutchison dan PT Bank QNB Indonesia Tbk hari ini mengumumkan kemitraan dan peluncuran produk baru mereka UCan,...


Siapa Saja yang Bisa Membuat Official Store

Siapa Saja yang Bisa Membuat Official Store
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Seiring meningkatnya aktivitas belanja daring atau biasa disebut belanja online, memanfaatkan platform marketplace menjadi hal...


Tokopedia Jadi Marketplace Favorit Netizen di Media Sosial

Tokopedia Jadi Marketplace Favorit Netizen di Media Sosial
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Riset yang telah dilakukan Global Web Indeks (GWI) menunjukkan bahwa 71% pengguna media sosial mengandalkan platform ini untuk...


Apa Beda Marketplace dengan Online Shop?

Apa Beda Marketplace dengan Online Shop?
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebelum muncul pemain dan istilah marketplace, istilah online shop atau toko online telah lebih dulu dikenal oleh masyarakat....


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index