Sabtu, 31 Juli 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah

Posted by: 30-06-2020 17:09 WIB 1322 viewer

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah
Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pandemi COVID-19 benar-benar memukul semua sektor industri di tanah air. Dimana perdagangan baik online maupun offline telah mengalami kontraksi secara nasional. Bahkan negara juga mengalami pelemahan konsumsi yang berdampak pada penurunan tingkat inflasi.

Data BPS (Badan Pusat Statistik) melaporkan bahwa pada Q1/2020, pertumbuhan ekonomi telah mengalami penurunan sekitar 2,97% dibanding dengan Q4/2019 yang tercatat minum 2,41%. BPS mencatat, kontribusi pertumbuhan terbesar yaitu Industri dan Perdagangan yang menciut tajam ke 2.06% (3.85%) dan 1.6% (5.21%).

Melihat hal tersebut, Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo menyampaikan bahwa tren melemahnya inflasi ini masih akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Meski begitu, ia optimis jika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) secara bertahap dilonggarkan, maka situasi ini akan pulih.

Karena kata dia, dari hasil survei McKinsey terbaru dan tren negara-negara lain, ternyata pola konsumsi dan perilaku pasar akan kembali seperti sebelum terjadi pandemi. Menurutnya, perilaku pasar dan pola konsumsi setelah COVID-19 tidak akan berubah.

“Mengapa demikian? Karena bagi konsumen, berbelanja adalah sarana refreshing yang menyenangkan dan sekaligus menghibur. Berbelanja membawa perasaan sehat serta dapat mempertemukan antara experience dan emosi konsumen sehingga membawa perasaan yang menggembirakan. Jadi yang berubah bukan pola belanjanya, melainkan daya beli dan cara belanjanya yang tidak sama,” jelas Yongky di acara Indonesia Brand Forum 2020 yang digelar secara virtual pada Selasa (30/6).

Oleh karena itu, Yongky menyarankan kepada para pemilik  merek agar mencermati  perubahan perilaku pasar ini. Pemilik merek  harus bisa mengakomodasi kendala-kendala yang dihadapi konsumen melalui digitalisasi. “Digitalisasi gerai salah satu pilihan yang disarankan,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Atome Finance Indonesia Dukung Pemerintah dengan gelar VGR Bagi Karyawan dan Keluarga

Atome Finance Indonesia Dukung Pemerintah dengan gelar VGR Bagi Karyawan dan Keluarga
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perusahaan pembiayaan PT Atome Finance Indonesia (AFI) menggelar program vaksinasi untuk seluruh karyawan dan keluarganya, pad...


Kejar Target Herd Immunity, Uniqlo Indonesia Gantian Buka Sentra Vaksinasi

Kejar Target Herd Immunity, Uniqlo Indonesia Gantian Buka Sentra Vaksinasi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Indonesia saat ini sedang mengalami percepatan target vaksinasi demi tambahnya herd immunity serta menjadikan Indonesia lebih...


Shipper Genjot Distribusi Alat Kesehatan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19

Shipper Genjot Distribusi Alat Kesehatan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Untuk mendukung penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia, Shipper kini berkolaborasi dengan Prudential Indonesia sebagai d...


KAI Group Hadirkan Vaksinasi Gratis di Berbagai Kota

KAI Group Hadirkan Vaksinasi Gratis di Berbagai Kota
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yakni KAI Commuter menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi...